DetikNews
Kamis 28 Februari 2019, 18:01 WIB

Belasan Ribu Benih Kakap Putih Ditebar di Perairan Laut Probolinggo

M Rofiq - detikNews
Belasan Ribu Benih Kakap Putih Ditebar di Perairan Laut Probolinggo Foto: M Rofiq
Probolinggo - Belasan ribu benih ikan kakap putih ditebar di Perairan Laut Probolinggo. Harapannya, populasi ikan karang di perairan tersebut akan kembali melimpah seperti 20 tahun yang lalu.

Bersama Pemkab Probolinggo, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menyebar 15 ribu benih ikan kakap putih di perairan laut Pantai Bentar, Desa Curahsawo, Kecamatan Gending. Belasan ribu benih tersebut merupakan hasil produksi Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Situbondo.

Direktur Jenderal Perikanan Budidaya Slamet Soebijakto mengatakan perairan laut Probolinggo dipilih sebagai titik penyebaran benih ikan kakap putih, karena 70 hingga 80 persen jenis ikan karang di perairan laut setempat berkurang.


Menurutnya, kondisi tersebut berbeda dengan perairan laut Probolinggo 20 tahun lalu. Kala itu perairan tersebut kaya akan ikan karang.

"Harapan kami 2 tahun lagi, benih ikan yang disebar bisa menjadi indukan sehingga bisa beranak-pinak. Namun tidak untuk ditangkap dulu hingga populasi ikannya kembali banyak," kata Slamet.

Slamet meminta penebaran belasan ribu benih ikan tersebut diimbangi dengan peraturan daerah yang tegas. Seperti mengatur penggunaan alat tangkap dan cara penangkapannya.


"Kalo pakai alat tangkap ikan yang berbahaya, tidak saja ikannya yang habis dan mati. Namun makanan ikan dan lokasi tempat tinggalnya juga hancur," imbuhnya.

Apa yang diminta Slamet langsung ditanggapi Wakil Bupati Probolinggo Timbul Prihanjoko. Ia mengajak nelayan dan masyarakat tertib dengan menangkap ikan menggunakan alat-alat tangkap yang tidak berbahaya.

"Mari jaga bersama-sama agar lingkungan laut tetap lestari. Kalau ikannya banyak, yang enak kan masyarakat dan nelayannya," ujarnya.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Probolinggo, KKP juga memberikan berbagai program dan bantuan langsung bagi pelaku utama perikanan. Total dukungan KKP mencapai kurang lebih Rp 14,05 miliar. Terdiri dari input produksi, sarana perikanan, fasilitasi pembiayaan, perlindungan pelaku utama melalui asuransi dan sertifikasi hak atas tanah.
(sun/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed