DetikNews
Selasa 26 Februari 2019, 08:59 WIB

Menanti Sidang Lanjutan Ahmad Dhani di PN Surabaya

Suki - detikNews
Menanti Sidang Lanjutan Ahmad Dhani di PN Surabaya Foto: Deny Prastyo Utomo
Surabaya - Tidak terasa Ahmad Dhani sudah menjalani empat persidangan kasus pencemaran nama baik yang menjeratnya. Kini suami Mulan Jameela itu akan menjalani sidang lanjutan dengan agenda mendengarkan keterangan 3 saksi yang dihadirkan Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Ahmad Dhani menjalani sidang perdana kasus pencemaran nama baik di Pengadilan Negeri Surabaya pada Kamis (7/2). Dalam persidangan tersebut, pentolan band Dewa 19 itu mendengarkan tuntutan yang disampaikan JPU Rahmat Hari Basuki, yang mendakwanya telah melakukan pencemaran nama baik.

"Dengan diakses oleh masyarakat umum dan diikuti serta dibaca oleh follower dan Bela NKRI, mereka merasa dilecehkan dan dicemarkan nama baiknya, sesuai pasal 27 ayat 3 juncto Pasal 45 UU ITE," kata Rhamat dalam persidangan, Kamis (7/2).


Kemudian Ketua Majelis Hakim R Anton Widyopriyono juga membacakan keputusan soal Dhani yang akan dititipkan di Rutan Klas I Surabaya yang berada di Medaeng, Sidoarjo.

"Untuk mempercepat sidang, terdakwa akan dititipkan di Rutan Klas I Medaeng, Surabaya," kata Anton di ruang sidang Cakra, PN Surabaya.

Lima hari berselang, Dhani menjalani sidang kedua dengan agenda pembacaan nota keberatan atau eksepsi dari pihak Kuasa Hukum Dhani. Ada 5 nota yang mereka sampaikan. Salah satunya mengenai Pasal 45 ayat (3) yang tidak ditulis dengan lengkap.


"Bahwa oleh karena itu Surat Dakwaan tersebut adalah salah dan keliru menerapkan pasal Undang Undang ITE dan tidak dapat diterima," kata salah satu pengacara Aldwin Rahadian, Selasa (12/2).

Namun upaya Kuasa Hukum Dhani tidak diindahkan oleh JPU dalam sidang ketiga yang berlangsung Kamis (14/2). JPU menganggap 5 poin eksepsi yang diajukan kuasa hukum Dhani tidak berdasar.

"Berdasarkan eksepsi dari kuasa hukum, yang menurut kami tidak berdasar, oleh sebab itu kami minta kepada majelis hakim yang berwenang untuk memutuskan, tanggapan kami dan memohon untuk melanjutkan persidangan," kata JPU, Rahmat Hari Basuki, Kamis (14/2).


Kala itu Ketua Majelis Hakim R Anton Widyopriono memutuskan menunda persidangan. Sidang selanjutnya dengan agenda putusan sela. "Sidang dijadwalkan pada Selasa pekan depan, pada tanggal 19 Februari dengan agenda putusan sela," kata R Anton.

Sidang putusan sela berlangsung 25 menit di Ruang Cakra PN Surabaya. Ketua Majelis Hakim Anton Widyoprioyono menolak eksepsi Ahmad Dhani.

"Dua, memerintahkan jaksa penuntut umum untuk melanjutkan perkara no 275/pid.sus/2018/PN Surabaya atas nama terdakwa Dhani Ahmad Prasertyo," kata Anton di Ruang Cakra, PN Surabaya, Selasa (19/2/2019).

Hari ini, Selasa (26/2), Dhani akan segera menjalani sidang lanjutan di PN Surabaya. Ia akan mendengarkan keterangan 3 saksi yang dihadirkan JPU.


Saksikan juga video 'Prabowo Siap Jadi Penjamin Penangguhan Penahanan Ahmad Dhani':

[Gambas:Video 20detik]


(sun/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed