detikNews
Senin 21 Januari 2019, 17:18 WIB

40 Orang Diperiksa Dugaan Korupsi Dana Kapitasi di Kabupaten Malang

Muhammad Aminudin - detikNews
40 Orang Diperiksa Dugaan Korupsi Dana Kapitasi di Kabupaten Malang Foto: Muhammad Aminudin/File
Malang - Kejari Kepanjen serius membongkar dugaan korupsi dana kapitasi. Puluhan saksi dimintai keterangan selama proses penyelidikan tahun anggaran 2015-2017. Dana kapitasi dikelola Dinkes Kabupaten Malang hasil kucuran dari BPJS.

"Setidaknya ada 40 saksi, dimintai keterangan selama proses penanganan dugaan adanya tindak pidana korupsi dana kapitasi pada Dinas Kesehatan. Kurun waktunya mulai tahun 2015 sampai 2017," terang Kepala Kejari Kepanjen kepada wartawan di Pendopo Pemkab Malang Jalan KH Agus Salim, Kota Malang, Senin (21/1/2019).

Dia menerangkan, dana kapitasi yang tengah diungkap senilai Rp 8 miliar. Sejauh ini, Kejari Kepanjen terus melakukan pendalaman adanya tindak rasuah atas pengelolaan dana tersebut.


"Masih pendalaman terus, belum sampai kepada penetapan tersangka," beber Qohar menjelaskan.

Sesuai peruntukan dan alur pengelolaannya, saksi-saksi yang dihadirkan mulai dari kepala puskesmas beserta bendahara, serta sejumlah pihak terkait.

Selain memeriksa saksi, Kejari Kepanjen juga tengah mengumpulkan alat bukti. Dan nantinya, jika sudah memenuhi dua alat bukti, maka akan dilakukan penetapan tersangka.

Qohar menambahkan, selain mengusut dugaan korupsi dana kapitasi, pihaknya juga membongkar kasus dugaan penyalagunaan uang pondok kegiatan desa (Ponkesdes) senilai Rp 760 juta di awal tahun ini.


Dana itu bersumber dari APBD Kabupaten Malang tahun 2015 lalu. "Sehingga ada dua kasus awal tahun ini yang tengah kami tangani," tutup Qohar.

Dugaan pungli dana kapitasi pernah dibongkar Polda Jatim beberapa waktu melalui operasi tangkap tangan, yang melibatkan Bendahara Puskesmas Karangploso, Kabupaten Malang.

Dana kapitasi dikucurkan oleh BPJS melalui Dinas Kesehatan yang diperuntukkan bagi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) atau biasa dikenal puskesmas. Alokasi anggaran dijabarkan pada APBD, di wilayah Kabupaten Malang setidaknya ada 38 FKTP menerima dana kapitasi.


40 Orang Diperiksa Dugaan Korupsi Dana Kapitasi di Kabupaten Malang

(fat/fat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed