Seorang TKI Asal Trenggalek Dikabarkan Meninggal di Afrika Barat

Adhar Muttaqin - detikNews
Rabu, 09 Mei 2018 20:09 WIB
Foto: Rifkianto Nugroho
Trenggalek - Seorang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Trenggalek dikabarkan meninggal dunia di wilayah Afrika Barat. TKI tersebut meninggal akibat sakit yang diderita.

Kasubbag Humas Polres Trenggalek Iptu Supadi mengatakan, tenaga kerja yang meninggal dunia adalah Rohmad Toyiba (50) warga Dusun Jatirejo, Desa/Kecamatan Gandusari.

"Informasi yang kami terima dari pihak keluarga, TKI ini meninggal dunia pada hari Minggu 6 Mei 2018 pada tengah malam. Yang bersangkutan mengalami demam, dugaannya terkena Malaria," kata Supadi, Jumat (9/5/2018).

Menurutnya, Rohmad berada di Afrika selama 1,5 tahun terakhir dan bekerja di perkebunan kelapa sawit. Korban berangkat ke luar negeri melalui PT Olan perwakilan Blitar.


"Data yang kami terima PJTKI tersebut bersedia memulangkan jenazah Rohmad ke Indonesia. Informasinya jenazah sudah diberangkatkan Senin lalu dan diperkirakan akan sampai di Indonesia sembilan hari kemudian," imbuhnya.

Sementara itu Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Trenggalek Suparman membenarkan kabar tersebut. Namun pihaknya belum mengetahui secara rinci dan pasti terkait data TKI yang meninggal.


"Memang benar kemarin sudah ada yang melapor ke dinas bahwa ada TKI Trenggalek yang meninggal di Afrika. Atas berita tersebut yang kami lakukan meminta kelengkapan data alharhum dan kronologi kejadiannya," kata Suparman.

Pihaknya mengaku akan segera melaporkan informasi itu ke Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (LP3TKI) Surabaya, sekaligus meminta fasilitas pemulangan jenazah hingga ke rumah duka. (iwd/iwd)