DetikNews
Jumat 27 April 2018, 12:49 WIB

Kapolda Jatim Instruksikan Kapolres untuk Audit Jembatan

Ainur Rofiq - detikNews
Kapolda Jatim Instruksikan Kapolres untuk Audit Jembatan Foto: Ainur Rofiq
Tuban - Polisi memastikan masih melakukan penyelidikan terkait musibah ambrolnya jembatan Babat-Widang yang menghubungkan antara Kabupaten Lamongan dengan Tuban beberapa waktu lalu.

Penyelidikan ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya musibah yang sama di kemudian hari.

"Sementara kita masih dalami. Memang jembatan tua karena beban yang bersamaan, 150 ton, jembatan tua ambruk, tetapi tetap kita dalami," ungkap Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin ketika dikonfirmasi detikcom, Jumat (27/4/2018).


Belajar dari insiden tersebut, Machfud juga telah menginstruksikan kepada seluruh Kapolres dan Kasatlantas yang ada di Jawa Timur untuk melakukan audit jembatan yang mulai rusak di wilayah masing-masing.

Melalui koordinasi dengan Dinas Perhubungan, jembatan-jembatan yang berpotensi rusak atau telah mengalami penuaan itu diminta untuk didata lalu dilaporkan kepada institusi yang berwenang agar dapat segera diperbaiki.


"Jangan nunggu orang jatuh. Lebih baik dicegah, tapi dengan memberikan saran yang akurat" imbuh Machfud.

Hingga saat ini jembatan Babat yang ambrol tengah diperbaiki oleh pemerintah. Arus lalu lintas juga masih dialihkan ke jalan Daendles Tuban dan jalur Jalan Raya Bojonegoro.
(lll/lll)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed