detikNews
Rabu 28 Maret 2018, 15:24 WIB

Kasus Ibu Tewas Digelonggong Anak dan Kerabat Direkonstruksi

Adhar Muttaqin - detikNews
Kasus Ibu Tewas Digelonggong Anak dan Kerabat Direkonstruksi kasus ibu tewas digelonggong anak direkonstrusi/Foto: Adhar Muttaqin
Trenggalek - Polres Trenggalek melakukan rekonstruksi kasus tewasnya Tukinem akibat digelonggong air oleh tujuh anggota keluarga dan kerabatnya. Proses reka ulang dilaksanakan di tempat kejadian perkara (TKP) selama lebih dari tiga jam.

Tujuh tersangka utama dibawa ke lokasi kejadian di Dusun Jeruk Gulung, Desa Surenlor, Kecamatan Bendungan dengan mendapat pengawalan ketat dari kepolisian. Masing-masing tersangka adalah Rini Astuti anak kandung korban, Jayadi Budi menantu korban, Jemitun adik kandung, Suyono, Katenun adik ipar, Apriliani keponakan korban dan Andris Prasetyo keponakan korban.

Kapolres Trenggalek AKBP Didit Bambang Wibowo Saputra, Rabu (28/3/2018) mengatakan, rekonstruksi ini merupakan salah satu bagian dari proses penyidikan, untuk mengetahahui secara pasti modus maupun peran dari masing-masing tersangka.


"Kami ingin tahu sejauh mana peristiwa ini terjadi, kemudian peran dari masing-masing tersangka bagaimana. Tadi itu kami mendatangkan langsung tujuh tersangka serta tujuh saksi," kata Didit.

Dalam proses reka ulang tersebut polisi meminta seluruh tersangka dan para saksi untuk memperagakan adegan demi adegan ritual yang telah dilakukan, hingga peristiwa yang menewaskan Tukinem pada Minggu (4/3/2018) sore.

Pada tahap pertama, para tersangka dan saksi memperagakan saat mereka memulai proses ritual. Kegiatan dilaksanakan di depan rumah korban dengan membakar kemenyan secara beramai-ramai. Usai bakar kemenyan dan dupa, para tersangka dan saksi melaksanakan mandi secara bergiliran di rumah korban dan tersangka Katenun.


"Ini tadi ada 60 adegan, mulai dari proses ritual hingga tindakan kekerasan yang mengakibatkan korban Tukinem meninggal dunia," kata Didit.

Lebih lanjut perwira menengah ini menjelaskan, dari proses rekonstruksi tersebut, pihaknya menemukan sejumlah fakta baru, rencananya temuan itu akan ditindaklanjuti dengan proses pemeriksaan.

"Keterangan-keterangan baru di lokasi ini akan kami gali lagi dengan penyidik, sehingga lebih jelas," imbuh kapolres.

Pelaksanaan rekonstrusi tewasnya Tukinem ini menjadi perhatian warga sekitar. Puluhan masyarakat dari sekitar lokasi kejadian taampak antusias menyaksikan jalannya rekonstruksi dari luar garus batas polisi.olisi Trenggalek Rekonstruksi Kasus Wanita Digelonggong
(bdh/bdh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com