DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 22:07 WIB

Soal Tugu Demokrasi Mirip Tangga Freemasonry, DPRD Lempar Tangan

Sugeng Harianto - detikNews
Soal Tugu Demokrasi Mirip Tangga Freemasonry, DPRD Lempar Tangan Bangunan Tugu Demokrasi ini dianggap mirip tangga freemasonry (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun - DPRD Kabupaten Madiun membantah telah mendesain Tugu Demokrasi yang menyerupai tangga freemasonry. Desain Tugu Demokrasi tersebut murni dibuat oleh Dinas PU Bina Marga Kabupaten Madiun.

"Itu walau lokasinya di DPRD, perencanan maupun anggaran di Dinas PU. Desainnya juga oleh Dinas PU sepenuhnya," ujar Ketua DPRD Kabupaten Madiun Joko Setiono saat dihubungi detikcom Kamis (7/12/2017).

Joko mengatakan, mengenai pembangunan tugu tersebut, pihak DPRD hanya mengalokasikan tempat untuk dibangunnya tugu tersebut. Tema untuk tugu itu memang demokrasi. Sementara untuk desain dan pembangunannya, sepenuhnya diserahkan kepada Dinas PU Bina Marga.

"Kami cuma menyerahkan halaman untuk ruang publik dengan tema taman demokrasi. Tapi kami tegaskan bahwa dari pihak kami betul-betul tak ada kesengajaan. Kami tidak tahu kalau ada desain mirip begitu," kata Joko.

Baca juga: Viral, Tugu DPRD Kabupaten Madiun Dianggap Mirip Tangga Freemasonry

Kemiripan bentuk kedua bangunan inilah yang viral di medsosKemiripan bentuk kedua bangunan inilah yang viral di medsos (Foto: Sugeng Harianto)
Baca juga: Ansor Minta Tugu Demokrasi yang Mirip Tangga Freemasonry Dirobohkan

Joko menambahkan, pihaknya telah melakukan musyawarah dengan semua anggota DPRD dan sekretarit tentang permasalahan tugu tersebut. Dan hasilnya adalah DPRD Kabupaten Madiun meminta Dinas PU untuk mengubah bentuk desain.

"Kami meminta Dinas PU mengubah desain bangunan itu," tandas Joko.

Bangunan tugu demokrasi dengan anggaran Rp 1 milyar tersebut viral di medis sosial. Yang dipersoalkan adalah bentuknya yang menyerupai tangga freemasonry. Ansor Kabupaten Madiun protes dan meminta tugu itu dirobohkan.


(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed