DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 21:07 WIB

Proyek Tugu Demokrasi Mirip Tangga Freemasonry Telan Biaya Rp 1 M

Sugeng Harianto - detikNews
Proyek Tugu Demokrasi Mirip Tangga Freemasonry Telan Biaya Rp 1 M Tugu demokrasi di DPRD Madiun dianggap mirip dengan tangga freemasonry (Foto: Sugeng Harianto)
Madiun - Tugu Demokrasi di komplek DPRD Kabupaten Madiun viral di media sosial. Tugu yang mirip tangga Freemasonry itu dibangun dengan nilai Rp 1.069.700.000. Dananya bersumber dari APBD 2017.

Berdasarkan papan keterangan proyek yang dipasang tak jauh dari lokasi, tertulis bahwa pengerjaan proyek tugu dan Taman Demokrasi itu berada di bawah Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Madiun.

Bertindak sebagai pelaksana proyek adalah oleh CV Ardhi Laksa dengan waktu pengerjaam 150 hari sejak 11 Juli 2017.

"Dibangun sejak 11 Juli 2017, ini hampir 100 persen, tinggal pembersihan lokasi. Bentuknya seperti ini, tidak ada tambahan," ujar Pimpinan Proyek Wiwin Triono saat ditemui di lokasi, Kamis (7/12/2017) siang.

Baca juga: Viral, Tugu DPRD Kabupaten Madiun Dianggap Mirip Tangga Freemasonry

Perbandingan bentuk kedua bangunan tersebut viral di media sosialPerbandingan bentuk kedua bangunan tersebut viral di media sosial (screenshot facebook)

Baca juga: Ansor Minta Tugu Demokrasi yang Mirip Tangga Freemasonry Dirobohkan

Wiwin mengatakan, Tugu Demokrasi juga dilengkapi taman dan dua air mancur, serta dua tempat duduk melingkar dengan taman di bagian tengahnya.

Ketika ditanya mengenai desain Tugu Demokrasi, Wiwin mengaku mendapatkan desain dari kantornya. Ia mengaku tidak tahu siapa dan dari mana desain gambar tugu tersebut.

"Saya cuma terima gambar dari kantor saya (CV Ardhi Laksa) dari total anggaran sekitar Rp 1 miliar. Dan untuk membangun tugunya sendiri, sekitar Rp 200 juta. Itu dari marmer soalnya," ungkap Wiwin.
(iwd/iwd)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed