Yoni Kuno Berukir Naga ini Puluhan Tahun Teronggok di Kebun Warga Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Sabtu, 08 Jan 2022 12:41 WIB
Batu Yoni berornamen kepala naga di pekarangan warga Ngawen, Klaten, Sabtu (8/1/2022).
Batu Yoni berornamen kepala naga di pekarangan warga Ngawen, Klaten, Sabtu (8/1/2022). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Sebuah batu Yoni selama puluhan tahun berada di pekarangan warga Dusun Sogaten, Desa Ngawen, Kecamatan Ngawen, Klaten, Jawa Tengah. Yoni tersebut memiliki tampilan unik karena berornamen kepala naga.

Dari pantauan detikcom, sekilas batu Yoni ini tidak berbeda dengan Yoni pada umumnya. Yoni ini terbuat dari batu andesit dengan bentuk kubus.

Ukuran Yoni tersebut sekitar 1 x 1 meter dengan tinggi juga sekitar semeter. Tampak lubang tempat lingga atau arca sudah mulai rusak.

Pahatan berupa takik-takik pada Yoni tersebut tampak rapi di sekelilingnya. Di bawah cerat (tempat keluarnya air) terdapat ukiran kepala ular naga.

Hiasan kepala naga itu memperlihatkan bentuk kepala ular sampai leher. Pahatan dua taring, mata, lekuk sisik dan kalung di leher naga tersebut masih tampak jelas.

Pahatan batu berbentuk kepala ular itu juga dihiasi semacam tudung di kanan kiri seperti ular kobra. Selain kepala naga itu tidak ditemukan ornamen lainnya, kecuali tulisan angka register cagar budaya.

Mugo Laksono (66) pemilik pekarangan menceritakan batu Yoni tersebut hanya satu buah. Menurutnya, tidak ada yang tahu pasti kapan batu Yoni itu ditemukan.

"Yang jelas ditemukan saat jaman mbah (kakek) saya, Mbah Iman. Awalnya kakek bersama saudaranya menggali Pohon Uwi jongkang (sejenis umbi untuk dimakan)," tutur Mugo ditemui detikcom di lokasi, Sabtu (8/1/2022) siang.