BST Kini Sampai Solo Baru-Bekonang, Ini Rute Lengkapnya

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 13:33 WIB
Peluncuran rute BST Solo terbaru
Peluncuran rute BST Solo terbaru (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Bus Batik Solo Trans (BST) resmi menambah dua koridor baru sehingga total menjadi enam koridor. Rute dua koridor ini mencapai kawasan Kabupaten Sukoharjo, yakni Terminal Tirtonadi-Solo Baru, dan Terminal Kartasura-Pasar Bekonang.

Kasubdit Angkutan Perkotaan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Budi Prayitno, dalam peresmian di Solo, menyampaikan telah menambah armada hingga 33 bus. Dia juga menyiapkan tiga bus tambahan untuk cadangan.

"Koridor 5 Terminal Kartasura-Pasar Bekonang PP terdiri dari 23 unit bus siap operasi dan 3 unit bus cadangan dengan jarak layanan 52 km. Koridor 6 Terminal Tirtonadi-Solo Baru PP terdiri 10 bus siap operasi dengan jarak layanan 21,46 km," kata Budi di Pendapi Gede Balai Kota Solo, Kamis (30/12/2021).

Dengan jumlah armada tersebut, diperkirakan jarak kedatangan antar bus nantinya berkisar 7-12 menit. Pengelolaan BST tetap menggunakan sistem buy the service, sehingga bus tidak perlu kejar setoran dan mengoptimalkan pelayanan.

"Teman bus hingga saat ini belum dipungut biaya hingga ada aturan terkait PNBP yang akan dikeluarkan oleh pemerintah," ujarnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa, mengatakan penambahan koridor BST akan terus berlanjut. Ke depan, rute BST diproyeksikan bisa mencapai wilayah Solo Raya, seperti Klaten, Boyolali hingga Sragen.

"Ini koridornya akan bergerak terus. Solo-Sukoharjo-Wonogiri, Solo-Karanganyar, Klaten, Sragen dan menuju Boyolali. Sehingga wali kota dan bupati se-Solo Raya berharap penambahan koridor ini bisa segera diimplementasikan," kata Teguh.

Dengan demikian, masyarakat akan mendapatkan akses mudah antardaerah di Solo Raya. Hal ini diyakini akan menumbuhkan perekonomian masyarakat.

"Dengan demikian, otomatis masyarakat yang akan melakukan pergerakan akan semakin mudah, sehingga memfasilitasi pariwisata dan akhirnya menerima keuntungan semuanya," tutupnya.

Berikut rute lengkap 6 koridor bus BST:

BST Koridor 1

Rute: Terminal Kartasura - Terminal Palur. Untuk rutenya dari arah barat, BST menuju Bandara Internasional Adi Soemarmo hanya untuk menurunkan penumpang - Pabelan - Jl Slamet Riyadi - Jl Jenderal Sudirman - Jl Urip Sumoharjo - Jl Kolonel Sutarto - Ir Sutami - Terminal Palur.

Dari arah timur, penumpang bisa naik dari Terminal Palur - Jl Ir Sutami - Jl Kol Sutarto - Jl Urip Sumoharjo - Jl Jenderal Sudirman - Jl Slamet Riyadi - Pabelan - Terminal Kartasura.

BST Koridor 2

Rute: mulai dari Sub Terminal Kerten - Terminal Palur. Dari arah barat BST mulai dari Sub Terminal Kerten - Jl Slamet Riyadi - Jl Prof Soeharso - Jl Adi Sucipto - Jl Ahmad Yani - Jl Slamet Riyadi - Jl Cipto Mangunkusumo - Jl Yosodipuro - Jl Gajah Mada - Jl Kolonel Sutarto - Jl Ir Sutami - Terminal Palur.

Sedangkan dari arah timur anda bisa naik dari Terminal Palur - Jl Ir Sutami - Jl Kol Sutarto - Jl Gajah Mada - Jl Yosodipuro - Jl Cipto Mangunkusumo - Jl Slamet Riyadi (Purwosari) - Jl A. Yani - Jl Prof Soeharso - Jl Slamet Riyadi - Terminal Kerten.

Rute selengkapnya di halaman berikut...