Catat! Ini Daftar Jalan yang Ditutup di Boyolali Saat Malam Tahun Baru

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 30 Des 2021 13:17 WIB
Patung kuda Arjuna Wijaya Simpang Siaga Boyolali.
Patung kuda Arjuna Wijaya Simpang Siaga Boyolali (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Sejumlah ruas jalan di Boyolali, Jawa Tengah akan ditutup pada malam Tahun Baru. Tak hanya itu, lampu penerangan jalan umum (PJU) di beberapa ruas juga akan dimatikan.

"Pada malam tahun (baru) besok, ada sejumlah ruas jalan yang kita tutup dan lampu penerangan jalan umum juga akan kita matikan," kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Boyolali, Sunarno, saat dihubungi wartawan, Kamis (30/12/2021).

Sunarno mengatakan untuk mencegah terjadinya kerumunan saat malam pergantian Tahun Baru. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona atau COVID-19.

Sunarno mengatakan penutupan jalan khususnya yang mengarah ke dalam kota Boyolali. Di antaranya mulai dari perempatan terminal lama yang akan masuk ke Jalan Pandanaran, kemudian perempatan KUD Kota, Tiga Menara, dan Alun-alun Lor.

Kemudian simpang berlian atau pertigaan barat SMKN 1 Mojosongo, yang mengarah ke barat (Jalan Pandanaran) akan ditutup. Selanjutnya di perempatan Sonolayu juga ditutup, penutupan jalan akan menggunakan water barrier.

"PJU di jalan Pandanaran akan dimatikan mulai pukul 20.00 WIB dari terminal lama sampai tugu berlian dan di Alun-alun Lor. Lampu taman termasuk lampu patung kuda (Arjuna Wijaya di Simpang Siaga), patung susu murni dan di Alun-alun Pengging, juga akan dimatikan pada malam tahun baru mulai pukul 20.00 WIB," jelas Sunarno.

Penutupan Alun-alun Pengging di Kecamatan Banyudono juga telah dikoordinasikan oleh Forkopimcam setempat. Kemudian untuk kompleks kantor terpadu Pemkab Boyolali, termasuk Alun-alun Kidul akan ditutup. Seluruh portal jalan masuk ke komplek kantor Pemkab itu akan ditutup dari Jumat (31/12/2021) sore hingga Senin (3/1/2022) pukul 05.00 WIB.

"Seluruh portal Alun-alun kidul (kompleks kantor terpadu Pemkab Boyolali) ditutup mulai pukul 16.00 WIB, Jumat (31/12/2021) sampai 3 Januari 2022 pukul 05.00 pagi," imbuh dia.

Pihaknya bersama tim gabungan akan ditempatkan di sejumlah titik yang ada aktivitas pedagang kaki lima (PKL). Seperti di tiga menara, Alun-alun Lor, dan Simpang Siaga.

"Nanti juga akan ada petugas gabungan yang patroli keliling," sambungnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak keluar rumah di malam Tahun Baru besok. Karena sejumlah jalan juga akan ditutup dan lampu PJU akan dimatikan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah saja pada malam tahun baru. Karena jalan di beberapa tempat akan kita tutup, lampu PJU di jalan Pandanaran kita matikan," tutup Sunarno.

(ams/sip)