Ahli Waris Ancam Tuntut Pemkot Solo soal Penataan Sriwedari

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 21:22 WIB
taman sriwedari solo
Taman Sriwedari Solo (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah memaparkan rencana penataan ulang kawasan Taman Sriwedari yang saat ini masih proses sengketa. Ahli waris Sriwedari menilai paparan tersebut hanya untuk memprovokasi masyarakat dan mengancam akan menuntut pidana.

"Kami minta Ahyani, Sekda Kota Solo, untuk menghentikan provokasi murahan dengan narasi akan membangun bangunan di atas tanah Sriwedari milik sah ahli waris," kata kuasa hukum ahli waris Sriwedari, Anwar Rachman melalui keterangan tertulis, Minggu (26/12/2021).

Adapun sejumlah penataan yang akan dilakukan ialah pembangunan gedung teater wayang orang yang lebih modern. Sementara Gedung Wayang Orang lama akan menjadi Museum Wayang Orang.

Gedung Graha Wisata Niaga akan dirobohkan. Pemkot Solo juga akan membangun ruang terbuka berupa taman air dengan pulau di tengahnya. Sedangkan saat ini, Pemkot Solo juga tengah membangun Masjid Taman Sriwedari.

"Pembangunan tidak bisa dilakukan karena melanggar hukum, yakni merupakan tindak pidana korupsi, serta menyebarkan kabar bohong kepada masyarakat melalui media bahwa tanah Sriwedari telah menjadi milik sah Pemkot (Solo)," tegas dia.

Anwar juga menilai langkah itu sengaja dilakukan untuk mengarahkan kasus ke ranah politik. Padahal menurutnya, sengketa lahan Sriwedari harus diselesaikan melalui jalur hukum.

"Dengan demikian, pemkot mengadu masyarakat dengan ahli waris dan menyeret persoalan hukum tanah Sriwedari ke ranah politik," ujar dia.

Anwar mengaku berencana akan melanjutkan kasus sengketa ini melalui jalur pidana. Sebab, menurutnya Pemkot Solo dinilai menyebarkan berita bohong tentang Sriwedari adalah milik pemkot.

"Ahli waris akan menuntut secara pidana masalah tersebut untuk membuktikan dan mendidik masyarakat, bahwa hukum masih berlaku di Solo. Karena Solo adalah bagian yang tidak terpisahkan dengan NKRI," ujar dia.

Selengkapnya di halaman berikut...