Geger Ulah Kades Nglebak Buka Pintu Darurat, Bikin Pesawat Batal Terbang

Febrian Chandra - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 09:56 WIB
Sudarto, Kades Nglebak yang membuka pintu darurat pesawat Citilink
Sudarto, Kades Nglebak yang membuka pintu darurat pesawat Citilink (Foto: Istimewa)
Blora -

Ulah seorang kades yang nekat membuka pintu pesawat membuat penerbangan Citilink QG 1184 dari Bandara Halim Perdanakusuma menuju Bandara Ngloram, Blora batal terbang. Kades Nglebak Sudarto pun memberikan pengakuannya dan meminta maaf.

"Saya mendapatkan tiket di kursi nomor urut 1. Duduk paling depan, sebelah kanan. Namun saat pramugari memberikan arahan kepada para penumpang, saya dipindah tempat duduknya di dekat pintu darurat," terang Sudarto saat dihubungi detikcom, Selasa (21/12/2021).

"Pintu itu apa. Ini pintunya, mungkin tangan saya nggak sengaja menekan panel atau tombol membuka pintu darurat. Itulah terjadinya. Akhirnya saya ditarik ke kantor. Saya tanya, saya kena sanksi apa?" ungkapnya.

Sudarto mengaku tak sampai membuat pintu darurat itu terbuka. Dia mengaku sudah dimintai keterangan pihak maskapai dan membuat surat pernyataan berisi kelalaian penumpang. Dia pun menegaskan tidak sengaja membuka pintu darurat tersebut.

"Tidak sampai membuka, hanya anjlok sedikit. Andai saja saya tidak dipindah tempat duduk, mungkin tidak sampai ada kejadian itu," jelas dia.

Dia pun mengaku tidak tahu nasib para penumpang dan rombongan para kades dari Kecamatan Kradenan, Tunjungan, dan Kunduran yang mengikuti Bimtek bersamanya.

"Setelah ditanya-tanya, diinterogasi kurang lebih satu jam lamanya. Dari pihak maskapai hanya diberi sanksi tiket pesawat menuju Blora hangus. Saya juga ditawari mau pulang ke Blora naik apa? Saya jawab naik bus sajalah. Oleh pihak bandara, saya dihubungkan oleh ojek online untuk diantar ke terminal," terangnya.

"Saya sendiri naik bus pulang ke Blora. Yang interogasi saya juga tidak ngomong ke saya kalau para penumpang lainnya tidak bisa terbang. Saya kaget," tuturnya.

Dia menyebut dari beberapa penumpang ada yang memilih naik pesawat lagi dengan tujuan ke Bandara Juanda dan naik kereta api. ada pula yang memilih naik bus. Dia pun meminta maaf atas kelalaiannya itu.

"Dan secara kesadaran. Saya meminta maaf kepada teman-teman kepala desa yang akhirnya terganggu perjalanan pulangnya. Saya siap mengganti biaya perjalanan pulang yang dikeluarkan secara pribadi oleh kawan-kawan kades. Ini murni kesadaran dari saya," kata Sudarto.

Belakangan video insiden dibukanya pintu darurat oleh Kades Nglebak itu viral. Dalam video itu Sudarto tampak kebingungan saat memegangi pintu darurat dan terdengar suara pramugari sudah mencegah dan terdengar berucap istighfar, namun sudah terlambat.

Sementara itu, pihak maskapai Citilink membenarkan penerbangan QG 1184 rute Bandara Halim Perdanakusuma ke Bandara Ngloram Blora, Senin (20/12) dibatalkan karena alasan teknis. VP Corporate Secretary & CSR Citilink Indonesia, Diah Suryani, menyebut ada satu penumpang mencoba membuka pintu darurat.

"Statement resmi Citilink. Penerbangan QG 1184 rute Jakarta (Halim Perdanakusuma)-Cepu tanggal 20 Desember 2021 dibatalkan karena alasan teknis," kata Diah, Selasa (21/12/2021).

"Terhadap informasi yang beredar, dapat kami informasikan bahwa kejadian disebabkan oleh oknum penumpang yang merupakan orang dewasa dan berada di seat row 1A mencoba membuka pintu darurat tanpa seizin kru pesawat saat proses boarding berlangsung," sambung Diah.

Lihat juga video 'Ini Loh Cara Keluar dari Pesawat Tanpa Perlu Berdesak-desakan':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman berikut...