ADVERTISEMENT

Bikin Geger Lompat Atap Kandang, Ini 5 Fakta Harimau Rastaji

Uje Hartono - detikNews
Minggu, 26 Des 2021 20:30 WIB
Seekor harimau benggala bernama Rastaji bikin geger karena melompat ke atap kandang hingga nyaris lepas di Serulingmas Zoo, Banjarnegara. Kini harimau tersebut dikurung.
Potret Rastaji, Harimau yang Lompat ke Atap Serulingmas Zoo (Foto: Uje Hartono)
Banjarnegara -

Ulah seekor harimau benggala memanjat atap kandang hingga nyaris lepas bikin geger Serulingmas Zoo Banjarnegara, Jawa Tengah. Harimau bernama Rastaji itu kini dikurung di dalam kandang karena terlalu aktif.

Berikut fakta-fakta harimau Rastaji itu:

1. Bikin kaget pengunjung dan karyawan Serulingmas Zoo

Kejadian ini terjadi pada Sabtu (25/12) pukul 13.15 WIB. Saat itu, salah satu karyawan melihat Rastaji melompat ke pagar kandang. Melihat peristiwa tersebut, petugas berupaya mengevakuasi dengan mendorong harimau menggunakan tongkat.

"Ini kejadiannya kemarin hari Sabtu (25/12) sekitar pukul 13.15 WIB. Jadi awalnya harimau benggala ini lompat ke pagar kandang. Kemudian petugas mendorong harimau dengan tongkat agar kembali turun," terang Marketing Serulingmas Zoo Nur Rohmah saat dihubungi detikcom, Minggu (26/12/2021).

Sayangnya, saat didorong menggunakan tongkat, harimau tersebut justru melompat ke atap kandang. Peristiwa ini sontak membuat heboh kebun binatang. Pengunjung yang tengah berada di dalam Serulingmas Zoo dievakuasi meninggalkan objek wisata tersebut.

"Perawat satwa langsung menyiapkan alat-alat evakuasi darurat. Sementara petugas lain mengevakuasi pengunjung untuk ke luar dari obyek wisata," kata dia.

2. Harimau akhirnya turun setelah 1 jam nangkring di atap kandang

Melihat salah satu harimau naik ke atap kandang, petugas langsung menyiapkan bius tulup dan obor. Selain itu, petugas juga menyiapkan jaring untuk mengantisipasi jika Rastaji melompat keluar kandang.

Setelah satu jam berlalu, upaya evakuasi petugas pun membuahkan hasil. Harimau tersebut akhirnya kembali turun ke kandang setelah terpeleset.

"Perawat satwa langsung menyiapkan alat-alat evakuasi darurat. Seperti jaring, obor dan tulup bius. Pas mau melompat, harimau kepeleset kemudian jatuh turun ke kandang lagi sekitar pukul 14.20 WIB," jelasnya.

3. Rastaji si harimau benggala dikenal aktif sejak kecil

Rastaji merupakan satu dari 7 ekor harimau benggala di Serulingmas Zoo memang dikenal berbeda dari yang lainnya. Sebab, sejak kecil hingga saat ini berusia hampir dua tahun Rastaji lebih aktif dibanding harimau lainnya.

"Rastaji ini memang aktif dibanding harimau benggala lain. Jika yang lain tidak sering loncat, dia Rastaji itu sering loncat-loncat," kata Direktur Serulingmas Zoo Lulut Yekti Adi saat ditemui di ruang kerjanya, Minggu (26/12).

Ulah Rastaji yang melompat ke atas atap itu juga menguatkan dugaaan harimau itu sedang masa birahi. Dia juga disebut belakangan ini sering mengaum.

"Harimau benggala ini sedang masa birahi jadi lebih aktif. Tanda-tanda lain jadi sering mengaum. Hampir semua satwa kalau sedang birahi memang jadi lebih aktif. Misalnya kalau merak, itu jadi lebih sering mengepakkan sayapnya," kata tim marketing Serulingmas Zoo, Nur Rohmah, hari ini.

Selengkapnya Rastaji ternyata punya saudara kembar...

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT