FX Rudy Yakin Ada Mafia Tanah di Sengketa Sriwedari Gegara Ini

Ari Purnomo - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 18:37 WIB
Mantan Walkot Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (30/11/2021).
Mantan Walkot Solo, FX Hadi Rudyatmo, Selasa (30/11/2021). (Foto: Ari Purnomo/detikcom)

Seperti diberitakan sebelumnya, ahli waris Wiryodiningrat mendukung sepenuhnya usulan FX Rudy terkait pengusutan mafia tanah.

"Ahli waris mendukung agar Satgas Mafia Tanah segera mengusut tuntas jaringan mafia tanah," kata kuasa hukum ahli waris Sriwedari, Anwar Rachman, melalui keterangan tertulis kepada wartawan, Minggu (28/11).

Menurutnya, kantor pertanahan dan Pemkot Solo bertanggung jawab atas penerbitan empat sertifikat Sriwedari. Padahal status hukum kasus itu sudah berkekuatan hukum tetap.

"Terutama yang ada di Kantor Pertanahan dan Pemkot Surakarta yang bekerja secara sistematis, masif dan terstruktur menerbitkan empat sertifikat atas nama Pemkot tersebut yakni SHP no 26, no 46, no 40 dan no 41 setelah putusan berkekuatan hukum tetap, setelah pemkot ditegur Pengadilan dan tanah disita pengadilan," ujarnya.

"Karena mustahil sertifikat tersebut bisa terbit tanpa adanya peran otak pelaku, orang yang membantu dan turut serta melakukan tindakan permufakatan jahat para mafia tanah yang terlibat dalam penerbitan tersebut," pungkas dia.


(sip/ams)