Info Pemeliharaan Jaringan Listrik PLN di Karanganom Besok, Ini Dampaknya

Achmad Syauqi - detikNews
Minggu, 28 Nov 2021 08:30 WIB
Pengumuman pemeliharaan jaringan distribusi PLN Klaten, Minggu (28/11/2021).
Pengumuman pemeliharaan jaringan distribusi PLN Klaten, Minggu (28/11/2021). (Foto: dok PLN Klaten)
Klaten -

Unit pelaksanaan pelayanan pelanggan PT PLN Klaten akan melaksanakan pemeliharaan jaringan distribusi di wilayah Kecamatan Karanganom, besok. Beberapa desa dan fasilitas akan terdampak kegiatan tersebut.

Pada edaran jadwal yang dikeluarkan PT PLN, pemeliharaan jaringan distribusi itu dilakukan di Wilayah atau unit pelayanan pelanggan (ULP) Tulung, Senin (29/11/2021). Lokasi pemeliharaan jaringan meliputi Desa Tarubasan, Kadirejo, Troso, Beku, dan Karangan. Selain itu ada Puskesmas Karanganom, Dusun Polodadi, Desa Tarubasan dan Dusun Kolekan Desa Beku.

Waktu pelaksanaan akan dimulai pukul 10.00 sampai dengan 14.00 WIB. Dengan catatan waktu padam dapat berubah di luar jadwal apabila terkendala kondisi lapangan.

Manajer Jaringan PT PLN UP3 Klaten Jawa Tengah, M Mulki Maulana, menjelaskan kegiatan itu bukan karena gangguan.

"Bukan gangguan tapi ini pemeliharaan terencana. Pemeliharaan dengan pemadaman," sebut Mulki Maulana pada detikcom, Minggu (28/11/2021).

Mulki mengungkapkan ada beberapa metode pemelihara. Bisa dengan pemadaman, bisa tidak.

"Pemeliharaan jaringan listrik ada dengan pemadaman ada tanpa pemadaman dengan Metode PDKB (Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan). Tapi kalau besok dengan pemadaman," lanjutnya.

dalam kesempatan ini Mulki juga mengimbau masyarakat untuk menjaga keselamatan ketenagalistrikan. Caranya tidak mendirikan bangunan dekat jaringan.

"Jangan mendirikan bangunan, tiang, antena, atau baliho dekat dengan jaringan listrik (jarak aman 3 meter dari jaringan listrik). Jangan bermain layang-layang di bawah atau dekat jaringan listrik, jangan melakukan penebangan pohon atau lainnya yang berdekatan dengan jaringan tanpa koordinasi dengan petugas PLN," pungkas Mulki.

(sip/sip)