Prakiraan Cuaca Jateng Hari Ini, Waspadai Banjir dan Longsor

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Selasa, 23 Nov 2021 08:50 WIB
Semarang -

Prakiraan cuaca Jawa Tengah hari ini masih didominasi dengan potensi guyuran hujan. Selain itu ada peringatan gelombang tinggi di laut Jawa bagian Tengah akibat Siklon Tropis Paddy (997Hpa).

BMKG Stasiun Meteorologi Ahmad Yani Semarang memprakirakan pagi ini umumnya berawan dan ada potensi hujan ringan-sedang di wilayah pesisir selatan.

"Siang-sore/awal malam umumnya hujan ringan. Potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang di wilayah pegunungan dan Jateng bagian selatan. Waspada bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor, angin kencang, dan sambaran petir," kata prakirawan, MS Fuad dalam info cuacanya, Selasa (23/11/2021).

Berikut prakiraan cuaca Jawa Tengah hari ini berlaku pukul 07.00-19.00 WIB:

Hujan ringan:
Rembang, Pati, Kudus, Jepara, Kendal, Batang, Pemalang, Brebes, Semarang, Pekalongan, Tegal.

Hujan sedang:
Boyolali, Sragen, Demak, Ungaran, Surakarta, Ambarawa, Salatiga.

Hujan lebat:
Cilacap, Purwokerto, Purbalingga, Banjarnegara, Kebumen, Purworejo, Wonosobo, Mungkid, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Karanganyar, Purwodadi, Blora, Temanggung, Kajen, Slawi, Magelang, Bumiayu, Majenang.

Sementara itu Stasiun Maritim Tanjung Emas Semarang dalam peringatan gelombang tinggi yang berlaku hari ini hingga Rabu (24/7) pukul 07.00 besok, menyebutkan tinggi gelombang 1,25 - 2,5 meter atau sedang dan berpeluang terjadi di Laut Jawa bagian Tengah. Berikut peringatannya:

Tinggi gelombang 1,25-2,5 meter (sedang) berpeluang terjadi di Laut Jawa bagian tengah.

Narasi:
Siklon Tropis Paddy (997 hPa) terpantau di Samudra Hindia selatan Jawa Tengah memberikan dampak pada ketinggian gelombang di wilayah Perairan barat Bengkulu hingga Perairan Selatan Jawa tengah, Selat Sunda dan Samudra Hindia Selatan Jawa. Pola angin di wilayah Indonesia bagian utara dominan bergerak dari Timur Laur Tenggara dengan kecepatan angin berkisar 5-20 knot, sedangkan di wilayah Indonesia bagian selatan dominan bergerak dari Barat Daya -Barat Laut dengan kecepatan angin berkisar 5-25 knot. Kecepatan angin tertinggi terpantau di Perairan barat Lampung, Selat Sunda, Perairan Banten-Jawa barat, Laut Sulawesi, Perairan Kepulauan Sangihe-Kepulauan Talaud, Laut Jawa bagian Barat dan Tengah

Saran Keselamatan:
Harap diperhatikan risiko tinggi terhadap keselamatan pelayaran : Perahu Nelayan (Kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m), Kapal Tongkang (Kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5 m), Kapal Ferry (Kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m), Kapal Ukuran Besar seperti Kapal Kargo/Kapal Pesiar (Kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m). Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada.

(alg/sip)