Mahasiswa UNS Tewas Saat Diksar Menwa, Polisi Periksa 25 Saksi

Ari Purnomo - detikNews
Rabu, 27 Okt 2021 16:46 WIB
Kasatreskrim Polresta Solo AKP Djohan Andika, Rabu (27/10/2021).
Kasat Reskrim Polresta Solo AKP Djohan Andika, Rabu (27/10/2021). Foto: Ari Purnomo/detikcom
Solo -

Polisi akan memintai keterangan ahli forensik dan dokter yang pertama memeriksa jenazah mahasiswa UNS peserta Diksar Menwa, Gilang Endi Saputra (21). Hingga saat ini ada 25 orang yang sudah dimintai keterangan polisi terkait kasus ini.

"Keterangan dari dokter yang pertama kali menerima korban dan yang kebetulan pada saat ini melakukan autopsi juga," ujar Kasat Reskrim Polresta Solo AKP Djohan Andika kepada wartawan, Rabu (27/10/2021).

Djohan juga mengatakan bahwa untuk mengungkap kondisi jenazah Gilang juga perlu adanya keterangan dari ahli forensik.

"Keterangan dari ahli forensik, juga nanti akan kita bicarakan ahli pidana jika diperlukan," ucapnya.

Selain ahli, tidak menutup kemungkinan polisi juga akan memanggil saksi dari pihak kampus untuk menambah keterangan dalam pemeriksaan.

"Itu mungkin kita pertimbangkan karena, hasil keterangan saksi yang ada seperti apa. Ini kami masih melakukan pemeriksaan intensif. Kita harus secara profesional kan. Jadi, apabila itu nanti ada pihak-pihak lain yang perlu kita ambilkan keterangan, itu akan kita jadwalkan," urai Djohan.

Sampai dengan saat ini sudah ada sekitar 25 orang yang dimintai keterangan. Mulai dari dosen, peserta dan juga panitia Diksar Menwa.

"Ini ada sekitar 25 orang. Cuma nanti kita lihat, karena kegiatan ini tidak hanya sehari. Kita periksa semua panitia yang terlibat sampai kegiatan ini dihentikan," ucap Djohan.

"Saling koordinasi apabila ada keterangan-keterangan yang dibutuhkan untuk rektor atau dekannya memperbolehkan apabila kita melakukan pemeriksaan tambahan," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, polisi mengungkap fakta baru terkait meninggalnya peserta Diksar Menwa Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Gilang Endi Saputra (21). Berdasarkan hasil pemeriksaan saksi, diketahui Gilang sudah meninggal dunia sebelum tiba di rumah sakit.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya...

Saksikan video 'Mahasiswa UNS Meninggal saat Diksar Menwa, Polisi Temukan Sejumlah Luka!':

[Gambas:Video 20detik]