Terpopuler Sepekan

Nestapa Mbah Minto, Bela Diri Disetrum Pencuri Justru Ditahan Polisi

Mochamad Saifudin - detikNews
Minggu, 17 Okt 2021 10:28 WIB
Mbah Minto yang ditahan polisi gegara menyergap dan menganiaya pencuri ikan di Demak, Kamis (14/10/2021).
Mbah Minto yang ditahan polisi gegara menyergap dan menganiaya pencuri ikan di Demak, Kamis (14/10/2021). Foto: Istimewa
Demak -

Seorang kakek di Kabupaten Demak, Jawa Tengah, Kasmito (74) atau Mbah Minto yang ditahan karena kasus penganiayaan menjadi sorotan pembaca pekan ini. Mbah Minto yang bekerja sebagai penjaga kolam ikan, ditahan karena membacok pencuri yang masuk ke tempatnya bekerja.

Mbah Minto mengaku sempat disetrum korbannya, sebelum akhirnya mengayunkan arit ke tubuh pria berinisial M itu.

"Soalnya saya disetrum sama orangnya (M)," kata Mbah Minto saat ditahan di Polsek Karangawen saat menjelaskan alasan dia membacok pencuri kepada wartawan, Kamis (14/10/2021).

Mbah Minto mengaku nekat membacok korban karena merasa jengkel melihat kolam yang dia jaga kerap kemalingan. Terlebih pada 7 September 2021 malam itu, dia melihat banyak ikan yang terapung akibat disetrum M.

"Bacok dua kali, yang keras itu yang pertama karena jengkel saya, soalnya satu kali dua kali itu ikannya mati semua. Terapung besar-besar, ikan jepet, nila, sama tawes," ujarnya.



Mbah Minto mengaku sempat meminta M yang berada di tengah kolam untuk segera naik ke darat. Namun, kala itu M disebut malah mengarahkan alat setrum ke kaki Mbah Minto.

"Soalnya itu kan (M) di dalam air. Saya suruh mentas (naik) malah main setrum. Saya bela diri," terangnya.

Mbah Minto menyebut aksi pencurian di kolam yang dia jaga sudah berlangsung selama tiga kali. Namun, dia tidak tahu apakah pencuri yang dia lawan itu merupakan pelaku pencurian yang terjadi sebelumnya.

"Sekali, dua kali, tiga kali (kehilangan). Ingin tahu orangnya, penyakitnya, ikan hilang itu, pencurinya. Iya, sudah tiga kali (kehilangan). Orangnya sama juga tidak tahu. Orang itu (M) saya tidak tahu, apa adanya," terangnya.

Perlawanan Mbah Minto itu pun berbuntut ke laporan polisi. Kala itu warga menemukan korban M dengan luka bacok di bagian lengan kanan dan leher kiri. Korban pun lalu dibawa ke puskesmas dan rumah sakit.

"Selanjutnya dari warga yang menemukan tersebut melaporkan ke kepolisian. Jadi setelah itu maka dari Satreskrim Polres Demak melangkah mengecek korban di rumah sakit," kata Kapolres Demak AKBP Budi Adhy Buono kepada wartawan di Mapolres Demak beberapa waktu lalu.

Selengkapnya di halaman berikut...

Simak Video: Polisi Ungkap Alasan Mbah Minto Jadi Tersangka karena Lawan Pencuri

[Gambas:Video 20detik]