Selain Paundra-Bhre, Cucu Moh Yamin Dinilai Bisa Warisi Takhta Mangkunegara

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 16 Okt 2021 20:21 WIB
Cucu Mangkunegara VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin.
Cucu Mangkunegara VIII, KRMH Roy Rahajasa Yamin. (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Dua nama putra mendiang KGPAA Mangkunegara IX, GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo dan GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara selama ini digadang-gadang menjadi calon pewaris takhta Pura Mangkunegaran. Namun baru-baru ini muncul nama lainnya, yakni KRMH Roy Rahajasa Yamin.

Roy adalah cucu dari pahlawan nasional Mohammad Yamin sekaligus cucu Mangkunegara VIII. Ibunya, GRA Retno Satuti adalah kakak dari Mangkunegara IX.

Roy pernah menjadi ketua umum Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) yang merupakan penyedia internet Indonesia. Dia kini menjabat Direktur Hotel Dana di Solo yang dikelola Yayasan Suryo Sumirat milik Pura Mangkunegaran.

Mantan Ketua Himpunan Kerabat Mangkunegaran (HKMN), KRTH Hartono Wicitrokusumo menilai Roy cocok menjadi penerus takhta Mangkunegara IX. Dia melihat Roy memiliki jiwa kepemimpinan dan aktif dalam kegiatan Pura Mangkunegaran.

"Kalau dilihat idealnya, Mas Roy ini memenuhi syarat. Beliau punya jiwa kepemimpinan, aktif di Mangkunegaran sejak dulu," kata Hartono saat dihubungi detikcom, Sabtu (16/10/2021).

Dia juga menyebut Roy memiliki kedekatan dengan Gusti Jiwo, sapaan akrab Mangkunegara IX. Roy pernah ditunjuk memimpin kirab pusaka malam 1 Sura. Paundra dan Bhre pun pernah ditunjuk untuk memimpin upacara yang sama.

"Mas Roy beberapa kali ditunjuk sebagai pimpinan pada kirab pusaka malam 1 Sura," katanya.

Namun demikian, Hartono mengatakan seluruh keputusan nantinya diambil oleh keluarga. Saat ini, pihak keluarga masih menunggu peringatan 100 hari wafatnya Mangkunegara IX.

Ketua HKMN, Satyotomo, menyebut bahwa sejarah suksesi Mangkunegaran memang cukup demokratis. Sehingga, Roy dinilai bisa menjadi alternatif selain Paundra dan Bhre.

"Kalau melihat dari sejarah, Mangkunegaran itu demokratis, takhta tidak selalu turun kepada putra, tapi bisa cucu, adik, dan sebagainya. Boleh saja Mas Roy, tapi nanti tentunya yang akan mengambil keputusan adalah keluarga," katanya.

Seperti diketahui, sebelum nama Roy muncul, ada dua putra Mangkunegara IX yang menjadi calon penerus takhta. Mereka Gusti Pangeran Haryo (GPH) Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo.

Paundra adalah putra tertua Mangkunegara IX sekaligus cucu dari proklamator kemerdekaan RI. Ibunya adalah Sukmawati Soekarnoputri. Namun Mangkunegara IX dan Sukmawati kemudian bercerai.

Sementara Bhre adalah putra bungsu Mangkunegara IX. Dia adalah satu-satunya anak laki-laki dari permaisuri.

(bai/rih)