Fosil Gading Gajah Purba Stegodon Berusia Jutaan Tahun Ditemukan di Kudus

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 05 Okt 2021 14:45 WIB
Fosil gajah di Museum Purbakala Patiayam Kudus, Selasa (5/10/2021).
Fosil gajah purba yang ditemukan petani kini disimpan di Museum Purbakala Patiayam Kudus, Selasa (5/10/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Sebuah fragmen fosil gading gajah purbakala ditemui di kawasan Pegunungan Patiayam, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Fosil gading gajah purbakala itu ditemukan seorang petani yang sedang panen kencur. Seperti apa ceritanya?

"Pada tanggal 4 September 2021 ditemukan oleh Bapak Paijan warga Dusun Karangsudo Desa Terban. Beliau menemukan pada saat panen kencur, menemukan suatu benda kurang lebih baru setengah meter (fosil gading saat ditemukan)," kata Koordinator Museum Purbakala Patiayam, Jamin, kepada wartawan ditemui di Museum Purbakala Patiayam, Desa Terban Kecamatan Jekulo, Selasa (5/10/2021).

Pantauan di lokasi fosil gading tersebut disimpan di Museum Purbakala Patiayam sepekan ini. Kondisinya masih terbelah-belah. Di bagian fosil pun masih ada bekas tanah dan dilapisi bambu.

Jamin mengatakan fragmen fosil gading gajah purbakala itu termasuk jenis Stegodon Trigonocephalus. Diperkirakan berusia jutaan tahun lalu.

"Kemudian beliau malamnya laporan kepada saya terus paginya ke sana kita cek. Ini merupakan fosil gajah Stegodon Trigonochepalus," ungkap Jamin.

Dia mengatakan gading gajah yang ditemukan memiliki panjang sekitar 1,5 meter. Fosil itu ditemukan di kawasan Pegunungan Patiayam Kudus. Jamin memperkirakan gading gajah itu memiliki panjang utuh mencapai 3 meter.

"Ditemukan Gunung Srumpit. Panjangnya kita lihat kurang lebih 1,5 meter itu bagian pangkal pas ditemukan. Dalam mengangkat potong-potong (bentuk fosil tidak utuh). Itu kalau bagian utuh semua kita perkirakan bisa mencapai 3 meter. Tetapi itu pangkalnya yang ditemukan," jelasnya.

Fosil tersebut kata dia tengah dilakukan identifikasi. Setelah itu akan dilakukan konservasi hingga didata untuk disimpan di Museum Purbakala Patiayam Kudus.

"Kami selaku dari dinas penyelamatan dan pelestarian kita tempatkan di museum. Proses awal adalah kita identifikasi kemudian terus proses pendataan, kita masuk ke konservasi atau rekonstruksi atau penyambungan, setelah itu kita kita masuk disimpan," ungkapnya.

Jamin menjelaskan sudah ada puluhan gading gajah purbakala yang ditemukan di kawasan Pegunungan Patiayam. Diperkirakan ada 30 fosil gading dengan berbagai ukuran.

"Penemuan gading gajah dari dulu sampai sekarang secara kira-kira ada 30 fosil dengan berbagai ukuran," terang Jamin.

Dia menambahkan total fosil ada 8 ribu fragmen fosil yang disimpang di Museum Purbakala Patiayam. Terdiri belasan hewan purba yang pernah ada di kawasan Pegunungan Patiayam Kudus. Mulai dari gajah, rusa, hingga hewan laut purba.

(sip/mbr)