Menerka Peluang Ganjar-Airlangga Duet di Pilpres 2024

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 17:31 WIB
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto terlihat kompak naik ojol saat hadiri acara di Klaten.
Momen Airlangga Hartarto-Ganjar Pranowo di Klaten (Foto: Achmad Syauqi)
Sleman -

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kompak menghadiri acara tradisi Yaqowiyu di Kabupaten Klaten, akhir pekan lalu. Kedatangan kedua sosok yang digadang maju nyapres ini dinilai sebagai bentuk komunikasi politik. Lantas bagaimana peluang duet keduanya di Pilpres 2024?

Pengamat politik Universitas Gadjah Mada (UGM) Wawan Masudi menilai pertemuan keduanya merupakan kewajiban Ganjar sebagai gubernur untuk mendampingi menteri. Namun di balik itu ada bentuk komunikasi politik yang digambarkan oleh Ganjar dan Airlangga.

"Itu saya kira bentuk komunikasi politik yang wajar saja antara politisi. Ini merupakan bentuk komunikasi politik yang wajar antarpolitisi," kata Wawan saat dihubungi wartawan, Senin (27/9/2021).

Dekan Fisipol UGM itu menjelaskan komunikasi politik itu bisa berarti banyak hal. Salah satunya menunjukkan ada komunikasi antara kedua tokoh politik tersebut.

"Ya tentu tujuan komunikasi politik itu banyak hal lah ya, otomatis kalau dikaitkan dengan 2024 masih akan sangat jauh ya. Tetapi setidaknya bahwa para politisi, para figur utama yang punya potensi itu saling berkomunikasi satu sama lain," jelasnya.

Lantas adakah peluang Ganjar dan Airlangga berpasangan dalam Pilpres 2024 mendatang?

"Kalau menurut saya kok masih terlalu jauh ya untuk diprediksi sekarang. Maksudnya komunikasi yang ada itu belum akan ke arah pada proses untuk pengajuan calon presiden wapres. Masih belum ke situ," sebutnya.

Wawan berpendapat, bentuk komunikasi yang dilakukan para politikus saat ini masih belum bisa dibaca lebih jauh. Salah satu alasannya, kata dia, karena Pilpres 2024 masih lama.

"Artinya masih lama. Yang muncul sekarang adalah bentuk-bentuk komunikasi politik antarpolitisi belum bisa dibaca lebih jauh dari itu," ungkapnya.

Peta dukungan dan kekuatan Ganjar-Airlangga

Dari segi elektabilitas, Ganjar Pranowo masih menduduki survei teratas. Menurut Wawan, salah satu hal yang membuat popularitas Ganjar melejit yakni karena saat ini menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

"Artinya ketika beliau tidak menjabat nanti belum tentu juga popularitasnya akan tetap tinggi seperti kalau Ganjar ada di dalam spotlight pembicaraan politik," jelasnya.

Selain itu, Ganjar juga memiliki dukungan yang kuat dari masyarakat. Seperti diketahui, belakangan ini banyak muncul gerakan-gerakan yang mendukung Ganjar untuk maju dalam Pilpres 2024. Sebut saja Sahabat Ganjar, Ganjarist, Relawan JoMan, dan lain sebagainya.

Selengkapnya di halaman berikutnya...