Pengurus PDIP Purworejo Dukung Ganjar Maju Capres, Ngaku Siap Dipecat

Rinto Heksantoro - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 20:02 WIB
Pengurus DPC PDIP Purworejo dukung Ganjar Pranowo maju capres, Sabtu (25/9/2021).
Deklarasi dukungan untuk Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024, Purworejo, Sabtu (25/9/2021). (Foto: Rinto Heksantoro/detikcom)
Purworejo -

DPC Seknas Ganjar Indonesia (SGI) Kabupaten Purworejo mendeklarasikan diri siap mendukung Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo maju Pilpres 2024. Bahkan, pengurus DPC PDIP Purworejo siap menerima sanksi dan dipecat jika dukungan tersebut dianggap sebagai pelanggaran.

Deklarasi digelar di sebuah rumah makan di Purworejo, Sabtu (25/9/2021) petang. Acara juga dihadiri oleh Ketua Dewan Pimpinan Nasional (DPN) SGI, Tedy Mulyadii, Korwil SGI Jateng Alex Ngatidjan. Selain itu tampak hadir pula Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Purworejo sekaligus ketua Bapilu, Albertus Sumbogo.

Tedy Mulyadi menyebut, bahwa deklarasi tersebut bertujuan untuk mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres 2024. Jika nantinya Ganjar harus hengkang dari PDIP atau diusung partai politik lain, pihaknya tetap akan mendukung penuh Ganjar.

"Tujuannya mengangkat Ganjar dari akar rumput menjadi presiden atau penerus Pak Jokowi. Kita ikut kemana pun pak Ganja, ya kita optimis didukung (PDIP). Kita berharap DPP PDIP khususnya bu Mega sebagai pemegang hak prerogatif bersikap realistis terhadap suara hati masyarakat," kata Tedy Mulyadi saat ditemui detikcom usai acara.

Jika nantinya Ganjar benar-benar bisa maju sebagai capres, Tedy menambahkan, pihaknya menyerahkan penuh pilihan cawapres kepada Ganjar. Namun, pihak menyebut ada beberapa tokoh yang dianggap pantas mendampingi Ganjar.

"Kita tidak dalam posisi memasang-masangkan, kita serahkan pada Pak Ganjar untuk memilih itu. Yang jelas semuanya berpotensi, semua ketua umum berpotensi, semua tokoh-tokoh juga berpotensi misalnya ada pak Hartarto, pak Ridwan Kamil, ada Sandiaga Uno, ada Erick Tohir, dari TNI ada pak Muldoko," sebutnya.

Sementara itu, Wakil Ketua DPC PDIP Kabupaten Purworejo sekaligus ketua Bapilu, Albertus Sumbogo, mengaku siap menghadapi sanksi jika dukungan terhadap Ganjar dianggap sebagai pelanggaran. Dalam kepengurusan DPC SGI Kabupaten Purworejo sendiri, ia didapuk menjadi ketua.

Sedangkan sebelumnya, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto yang mengumumkan partainya akan memberi sanksi disiplin kepada kader yang menyebutkan atau disebut akan menjadi capres atau cawapres. Terkait hal tersebut, Sumbogo mengatakan jika Hasto memiliki nalar yang tidak sehat.

"Kan nalare ora sehat iki (nalarnya tidak sehat ini). Rapopo (tidak apa-apa), saya siap dipecat, bangga malah," tegasnya.

(sip/sip)