Terpopuler Sepekan

Heboh Fenomena Jutaan Ikan Teri Berlompatan di Pantai Selatan Yogya

Pradito Rida Pertana - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 07:41 WIB
Geger Fenomena Ikan Teri Berlompatan di Pantai Selatan Yogya
Geger Fenomena Ikan Teri Berlompatan di Pantai Selatan Yogya. (Foto: Istimewa)

"Dari kemarin sudah banyak yang ke sini, bawa jala sendiri buat nangkep itu ikan. Yang datang ke sini tambah banyak setelah video ikan juwi ditangkap warga sini viral," ucap Aris.

Tak hanya di Kulon Progo, fenomena tersebut juga terjadi di Kabupaten Bantul. Koordinator SAR Satlinmas Wilayah III Parangtritis Ali Sutanto mengatakan, bahwa hal serupa juga terjadi di Pantai Parangtritis dan Pantai Depok Kalurahan Parangtritis, Kapanewon Kretek, Kabupaten Bantul. Menurutnya fenomena itu kerap terjadi setiap tahun.

"Ya ini sudah beberapa kali kemarin di Parangtritis (Paris) dan sekarang pindah di Depok itu. Nah, Itu biasanya terjadi pagi-sore di Paris kalau di Depok pagi hari," katanya.

"Dan itu biasanya terjadi beberapa hari, pas di Paris itu bisa berlangsung seminggu lebih, banyak itu yang menjaring di pinggiran, banyak yang panen ikan," lanjut Ali.

Salah seorang nelayan di Pantai Depok Bantul Henry mengaku kejadian serupa juga terjadi di sekitar Laguna Pantai Depok. Kendati demikian dia tidak ikut berpartisipasi dalam penjaringan ikan teri.

"Itu di selatan Laguna Depok juga terjadi, kemarin itu. Biasanya nelayan hanya menjaring seperti biasa dan dapat ikan bergerombol seperti itu," ucapnya.


(sip/sip)