Polisi Turun Tangan Kasus Saldo ASN-Pensiunan Raib di Bank Jateng Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 10:08 WIB
ASN di Pemkab Klaten mengeluhkan saldonya mendadak raib dan mendatangi Kantor Bank Jateng di Jalan Pemuda Tengah, Klaten, Selasa (7/9/2021).
Kantor Bank Jateng Klaten (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Klaten -

Raibnya saldo di rekening Bank Jateng Klaten dikeluhkan ASN dan pensiunan di Klaten, Jateng. Polisi pun turun tangan melakukan penyelidikan.

"Personel Resmob sudah ke lokasi kemarin sore (Selasa). Ini artinya kita melakukan penyelidik," ungkap Kasat Reskrim Polres Klaten AKP Andriansyah Rithas Hasibuan pada detikcom, Rabu (8/9/2021).

Andriansyah mengatakan polisi sedang didalami kebenarannya. Sedangkan sejauh ini, kata Andriansyah, belum ada laporan resmi yang masuk.

"Belum, belum ada laporan resmi yang masuk. Kita dalami kebenarannya dulu," sambung Andriansyah.

Andriansyah menjelaskan Polres Klaten sekitar dua pekan sebelumnya juga menangkap pelaku kejahatan pembobolan ATM. Saat itu polisi menangkap dua orang.

"Yang kita amankan minggu lalu kasus ATM ada dua orang, luar Klaten semua," imbuh Andriansyah.

Diwawancara terpisah, Cahyo, salah seorang ASN Pemkab Klaten mengatakan masih beruntung setelah dicek tabungannya masih utuh. Dugaan pembobolan itu menurutnya tidak semua dialami oleh semua ASN.

"Kayaknya tidak semua dibobol. Hanya yang melakukan transaksi di beberapa titik ATM tertentu, jadi tidak semua," kata Cahyo.

Teguh, ASN lainnya, kondisinya sama. Uang dalam rekeningnya aman meski sempat khawatir. Dia bercerita semula beredar pesan WA teman kantor dan bendahara. Isi dari pesan itu yakni meminta para ASN membolokir rekening secepatnya.

"Saya dapat share dari teman kantor, juga bendahara kantor. Diminta mengecek rekening dan memblokir ATM," jelas Teguh pada detikcom.

Pesan itu, sebut Teguh, dikatakan berasal dari Bank Jateng sehingga dirinya yakin. Namun setelah dicek dananya masih utuh.

"Setelah saya cek untungnya saldo saya masih utuh. Tapi ya sempat khawatir juga," sambung Teguh menunjukkan pesan berantai tersebut.

Pesan singkat itu berisi peringatan kewaspadaan. Bunyinya,"Selamat siang bp/ibu nasabah bank jateng
Terkait dengan kondisi ada bbrp nasabah yang saldonya berkurang secara signifikan
Mohon utk sementara waktu untuk menghindari hal yg tidak diinginkan bp/ibu ASN untuk menghindari transaksi melalui ATM dan memblokir sementara dulu rekening tabungan di bank jateng. Mohon maaf atas ketidaknyamanannya dan Trimakasih,".

Pimpinan Bank Jateng Cabang Klaten, Setya Pamungkas penyebab dana hilang belum bisa dipastikan. Penyebabnya masih diidentifikasi kantor pusat.

"Dugaan belum bisa omong pasti, masih diidentifikasi kantor pusat. Nanti kami sampaikan, apakah skimming, misalnya," sebut Setya.

Sebelumnya diberitakan, sejumlah aparatur sipil negara (ASN) di Pemkab Klaten mendatangi kantor Bank Jateng cabang Klaten. Mereka mengeluhkan sejumlah duit yang tiba-tiba raib dari saldo tabungannya.

Pantauan detikcom di kantor Bank Jateng Klaten, Jalan Pemuda Tengah, Klaten Tengah, para ASN berseragam dinas itu mulai berdatangan pukul 13.00 WIB, Selasa (7/9) kemarin. Mereka berasal dari berbagai organisasi perangkat daerah (OPD).

(mbr/sip)