Round-Up

Masih Tentang Miliarder Sleman: Borong Mobil hingga Beli Laut Buatan 

Jauh Hari Wawan S - detikNews
Rabu, 08 Sep 2021 08:00 WIB
Warga Sleman melakukan pembongkaran rumah yang terdampak proyek tol Yogya-Bawen. Pembongkaran dilakukan setelah menerima ganti rugi atas tanah dan bangunan.
Warga bongkar sendiri rumah terdampakproyek tol Yogya-Bawen. (Foto: PIUS ERLANGGA)
Sleman -

Kampung-kampung miliarder bermunculan di Kabupaten Sleman, DIY, seiring cairnya ganti rugi lahan terdampak tol Yogya-Bawen. Ada yang memanfaatkan uang ganti rugi untuk memborong mobil ada yang membeli laut buatan.

Borong 3 mobil sekaligus agar anak tidak saling iri

Salah satu miliarder Sumianto (51) warga Padukuhan Pundong III, Tirtoadi, Mlati, Sleman langsung membeli 3 unit mobil setelah uang kompensasi tol Yogya-Bawen cair. Ia mendapat kompensasi sebesar Rp 2,4 miliar dari tanah warisan yang terdampak tol Yogya-Bawen.

"Dapat Rp 2,4 miliar lebih. Digunakan untuk dagang, dikembalikan ke tanah lagi, beli rumah. Selain rumah juga beli mobil, untuk biaya sekolah," kata Sumianto kepada wartawan, Jumat (3/9).

"Anak masuk kuliah diterima di UNY sebagai hadiah, yang satunya buat usaha dekor sama dagang sayur," tambahnya.

Jadilah ia punya 2 mobil dalam hitungan beberapa hari setelah ganti rugi cair. Namun, pria yang punya 2 orang anak itu ingin adil. Putrinya kemudian dibelikan 1 unit mobil bekas.

"Yang satunya lagi daripada anak meri (iri hati) belikan satu. Anak saya yang perempuan saya belikan Honda Jazz," ujarnya.

Ada yang beli laut buatan

Tri Baningsih yang akrab disapa Ning satu dari sekian milarder baru di Pundong III. Tak seperti miliarder lain yang memborong mobil, istri Dukuh Pundong III itu justru membeli sebuah laut buatan di Jogja Eco Wisata. Niatnya, untuk investasi jangka panjang.

"(Beli) di kawasan wisata, Jalan Kaliurang (tepatnya) kampus UII ke barat. (Namanya) Jogja Eco Wisata. Investasi lautan buatan," kata Ning saat dihubungi wartawan, Selasa (7/9).

Pembelian itu, merupakan hasil diskusinya dengan kedua anaknya. Selanjutnya, Ning juga membeli sebuah vila dengan fasilitas kolam renang yang lokasinya di dekat laut buatan itu.

Vila itu, kata Ning, rencana awalnya untuk rumah tinggal. Namun, atas pertimbangan anak-anaknya yang masih belum butuh rumah, jadilah vila itu disulap menjadi kost eksklusif.

"Investasi lautan buatan ditambah vila yang mau saya ubah menjadi kost eksklusif," lanjutnya.

Aksi borong mobil terus berlanjut

Aksi borong mobil dari miliarder Sleman masih terus berlanjut. Dukuh Pundong III Pekik Basuki mengatakan ada beberapa warga yang borong 2 unit mobil walaupun mobil bekas.

"Ada juga (yang beli mobil) tapi bukan di wilayah Pundong III, itu ada. Tapi mobil second. Kalau motor baru ada," kata Pekik saat dihubungi wartawan, Selasa (7/9/2021).

Dikatakan Pekik, warga Pundong IV ada yang memborong 2 unit mobil sekaligus. Wilayah Pundong IV juga jadi menjadi wilayah yang terdampak tol Yogya-Bawen.

"Sampai di Jembangan itu ada di Padukuhan Pundong IV itu 1 orang beli dua (mobil) di Padukuhan Jembangan itu juga ada yang beli mobil ada yang beli dua tapi second," jelasnya.

Selanjutnya: penerima ganti rugi tertinggi dan pesan Sultan HB X

Simak video 'Kisah 4 Desa di RI yang Warganya Mendadak Jadi Miliarder':

[Gambas:Video 20detik]