Mal di Yogya Sudah Buka Hari Ini, Tapi Ada Syarat Masuknya Slur!

Heri Susanto - detikNews
Selasa, 24 Agu 2021 17:31 WIB
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Senin (12/10/2020)
Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti. (Foto: Pradito Rida Pertana/detikcom)
Yogyakarta -

Perpanjangan PPKM Level 4 di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memberikan pelonggaran termasuk terkait operasional mal. Ada tiga mal di Yogyakarta yaitu Galeria Mall, Malioboro Mall, dan Lippo Plaza yang juga telah buka mulai hari ini.

"Hari ini sudah ada pelonggaran PPKM Level 4. Kita ikuti, mal atau pusat perbelanjaan sudah boleh beroperasi atau buka," kata Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti kepada wartawan saat ditemui di sela peninjauan vaksinasi di PDAM Tirtamarta, Kemantren Jetis, Yogyakarta, Selasa (24/8/2021).

Haryadi menjelaskan dengan lampu hijau dari pemerintah pusat tersebut, izin operasional mal telah resmi. Artinya, pengelola bisa membuka mal sesuai dengan ketentuan. Selain itu ada syarat bagi pengunjung agar bisa masuk mal yakni sudah divaksin.

"Ada tiga mal ya di Kota Yogyakarta, Galeria Mall, Malioboro Mall, dan Lippo Plaza yang telah beroperasi. Silakan yang butuh untuk ke mal, dengan syarat sudah vaksin," katanya.

Haryadi mengatakan, beberapa mal di Kota Yogyakarta akan mereka minta untuk menyediakan vaksinasi. Hal tersebut, selain mempermudah akses bagi warga untuk vaksin juga sebagai upaya mempercepat vaksinasi bagi masyarakat.

"Kami akan bahas vaksinasi di mal. Karena menyangkut teknis, nanti dengan melibatkan pengusaha maupun dinas terkait agar herd immunity segera tercapai," katanya.

Seperti telah diberitakan, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Marves) Luhut Binsar Pandjaitan disebut memberikan lampu hijau bagi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan pelonggaran PPKM. Dalam rapat koordinasi virtual yang digelar Senin (23/8), pelonggaran itu untuk mal, restoran, dan warung-warung.

"Kita bicarakan khusus pelaksanaan dan evaluasi pembukaan pelonggaran untuk mal, restoran, datang ke mal, restoran, warteg, angkringan, dan seterusnya wajib menggunakan aplikasi pedulilindungi," kata Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji, usai rakor virtual bersama Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan, Senin (23/8).

Tapi, pelonggaran ini belum bisa dilakukan dalam waktu dekat. Aji mengungkapkan, pihaknya masih akan melakukan sosialisasi terlebih dahulu dengan asosiasi (Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia), PKL, maupun warung makan lain.

"Kita sosialisasi dulu, pedagang, baru nanti kita lakukan. Karena kan harus menyiapkan alat barcode scan untuk scan," jelasnya.

(sip/rih)