Cerita di Balik Foto Mangkunegara IX Bantu Sulut Rokok Pakubuwono XII

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 14 Agu 2021 17:52 WIB
Mangkunegara IX membantu menyulut rokok Raja Keraton Kasunanan Surakarta SISKS Pakubuwono (PB) XII.
Mangkunegara IX membantu menyulut rokok Raja Keraton Kasunanan Surakarta SISKS Pakubuwono (PB) XII. (Foto: istimewa-dok GPH Suryo Wicaksono/Gusti Nino)
Solo -

Wafatnya penguasa Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara IX, menyisakan memori tersendiri. Salah satunya ialah keakrabannya dengan mendiang Raja Keraton Kasunanan Surakarta SISKS Pakubuwono (PB) XII.

Salah satu momen yang tertangkap kamera ialah ketika Mangkunegara IX sedang menyalakan korek api untuk membantu menyulut rokok PB XII. detikcom memperoleh foto tersebut dari salah satu putra PB XII, GPH Suryo Wicaksono atau yang dikenal Gusti Nino. Gusti Nino juga telah memberi izin detikcom untuk menampilkan foto tersebut.

Gusti Djiwo, sapaan akrab Mangkunegara IX dalam foto itu terlihat masih sangat muda. Dia tampak mengenakan psetelan jas.

Sedangkan PB XII mengenakan baju batik dengan blangkon. Sang raja juga tampak mengenakan kacamata.

Gusti Nino menjelaskan bahwa momen itu terjadi setelah acara peresmian beberapa bangunan keraton yang selesai dipugar. Pemugaran dilakukan karena terjadi kebakaran hebat pada tahun 1985.

"Itu mungkin sekitar tahun 1990, setelah acara peresmian pemugaran keraton. Saat itu Mangkunegara IX sudah menjabat," kata Gusti Nino saat dihubungi detikcom, Sabtu (14/8/2021).

"Sinuhun (PB XII) kalau merokok biasanya duduk. Tapi saat itu beliau ingin berdiri. Beliau lalu mencari korek, kemudian Gusti Djiwo menyalakan korek miliknya," ujarnya.

Menurutnya, hubungan antara Mangkunegara IX dengan PB XII sangat akrab. Bahkan menurutnya, PB XII sudah menganggap Mangkunegara IX sebagai anaknya sendiri.

"Hubungan keduanya sangat baik, seperti bapak dan anak. Usia Mangkunegara IX saat itu kan masih muda, PB XII itu kan teman ayah dari Mangkunegara IX," ujar Nino.

Dalam beberapa acara keraton pun, PB XII sering mengundang Mangkunegara IX, begitu juga sebaliknya. Salah satunya dalam acara tingalan dalem jumenengan atau peringatan kenaikan tahta raja.

"Seperti acara tingalan dalem jumenengan itu, Mangkunegara pasti hadir kalau tidak berhalangan," tutupnya.

Pakubuwono XII telah wafat pada 11 Juni 2004. Kini Mangkunegara IX tutup usia pada Jumat, 13 Agustus 2021 dan jenazahnya akan dimakamkan di Astana Girilayu besok.

Simak video 'KGPAA Mangkunegara IX Mangkat':

[Gambas:Video 20detik]



(bai/sip)