Putra Mangkunegara IX Berduka, Kepergian Sang Ayah Dinilai Mendadak

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Jumat, 13 Agu 2021 17:43 WIB
Sri Mangkunegara IX wafat pada usia 70 tahun. Pemimpin Pura Mangkunegaran, KGPAA Mangkunegara IX wafat di Jakarta, dini hari tadi.
Karangan bunga dukacita atas meninggalnya KGPAA Mangkunegara IX berdatangan ke Pura Mangkunegaran Solo (Foto: Agung Mardhika)
Solo -

Meninggalnya KGPAA Mangkunegara IX dinilai mendadak oleh keluarga. Putra bungsu Mangkunegara IX, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo menyebut kepergian ayahandanya menjadi kehilangan besar bagi keluarga.

"Berat bagi keluarga. Ini suatu hal yang tidak pernah kita bayangkan. Ini kehilangan yang besar bagi Mangkunegaran. Ke depan harus tetap semangat melanjutkan semangat Gusti bersama keluarga," kata Bhre usai mengiringi jenazah ayahnya di Pura Mangkunegaran, Solo, Jumat (13/8/2021).

"Semoga keluarga bisa selalu mengenang masa indah dengan Kanjeng Gusti, dan untuk para abdi dalem, kami akan melakukan terbaik untuk mereka karena mereka bagian dari kami," ujarnya.

Bhre menyebut dirinya masih sempat berkomunikasi dengan Mangkunegara IX pada pagi sebelumnya. Dia pun menyebut ayahnya masih sehat beberapa hari sebelum berpulang.

Namun, Bhre mengakui dirinya tidak mengetahui secara langsung wafatnya Mangkunegara IX. Sebab, Bhre tengah berada di Solo, sedangkan ayahnya di Jakarta.

"Ini mendadak kejadiannya, bahkan beberapa hari sebelumnya beliau masih sehat. Pagi hari saya masih teleponan dengan beliau, habis itu tahu-tahu malamnya meninggal. Saya juga tidak tahu kejadian persisinya karena saya di sini (Solo)," terang dia.

Iring-iringan mobil jenazah Mangkunegara IX tiba di Solo pukul 16.15 WIB. Iring-iringan mobil jenazah itu diawali mobil polisi kemudian mobil jenazah, serta mobil pengiring dari keluarga dan kerabat.

Terlihat sejumlah kerabat langsung membuka mobil jenazah dan mengeluarkan peti kayu berwarna cokelat. Peti kemudian digotong menuju Ndalem Ageng.

Kedatangan jenazah sang penguasa Mangkunegaran itu diiringi dengan isak tangis keluarga. Terlihat istri Mangkunegara IX, Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX juga tampak menangis dan ditenangkan oleh sejumlah keluarga.

Rencananya, pemakaman KGPAA Mangkunegara IX akan dilaksanakan hari Minggu, 15 Agustus 2021 di Astana Girilayu, Karanganyar.

"Pemakaman dilaksanakan hari Minggu (15/8) sekitar pukul 10.00 WIB," kata Humas Pura Mangkunegaran, Joko Pramudyo, hari ini.

Simak video 'KGPAA Mangkunegara IX Mangkat':

[Gambas:Video 20detik]



(ams/sip)