Melihat Tradisi Lepas Luwur Makam Sunan Kudus di Tengah PPKM

Dian Utoro Aji - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 13:06 WIB
Tradisi Lepas Luwur Makam Sunan Kudus, Selasa (10/8/2021).
Tradisi Lepas Luwur Makam Sunan Kudus, Selasa (10/8/2021). (Foto: Dian Utoro Aji/detikcom)
Kudus -

Tradisi melepas kain selubung makam atau buka luwur makam Sunan Kudus selalu dilakukan setiap 1 Muharam. Tahun ini pelepasan digelar cukup sederhana di tengah pandemi virus Corona dan penerapan PPKM.

Acara pelepasan kain luwur di Makam Sunan Kudus dimulai pada pukul 06.00 WIB pagi tadi, Selasa (10/8/2021). Proses pelepasan selesai sekitar pukul 10.00 WIB. Acara digelar secara internal pihak Yayasan Makam, Menara, dan Masjid Sunan Kudus.

Tradisi pelepasan luwur dimulai dengan doa dan tahlil. Serta puncaknya pelepasan selubung luwur yang mengelilingi makam salah satu Wali Songo tersebut.

Terlihat luwur atau kain selubung makam Sunan Kudus sudah dilepas. Petugas makam kemudian membersihkan sekitar makam Sunan Kudus yang juga dikenal dengan nama Djakpar Sodik itu.

Warga sekitar pun tampak berdatangan untuk berdoa di makam Sunan Kudus yang tak berkain selubung tersebut. Humas panitia acara buka luwur Sunan Kudus, Muhammad Kharis mengatakan tradisi buka luwur dimulai setiap 1 Muharam setiap tahunnya.

"Untuk hari ini merupakan pelepasan luwur sudah dimulai. Mulai pelepasan luwur Mbah Sunan Kudus mulai tanggal 1 Muharam seperti tahun-tahun sebelumnya. Untuk setiap tanggal 1 Muharam pelepasan luwur itu, mungkin tahun ini pandemi jadi tidak seperti tahun lalu," kata Kharis ditemui di lokasi, hari ini.

Kharis mengatakan prosesi buka luwur digelar sangat sederhana dan memperhatikan protokol kesehatan. Pihak yayasan tidak mengundang tamu undangan dari luar.

"Mulai dari dalam makam Sunan Kudus di sekitarnya. Tadi pagi jam 6.00 WIB selesai kira-kira jam 10.00 WIB," ujar Kharis.

"Kita mulai dengan tahlil doa dan pelepasan," lanjut dia.

Kharis menjelaskan butuh kain luwur berupa kain kafan sepanjang 1.500 meter untuk dipasang mengelilingi makam Sunan Kudus.

Dia mengatakan puncak dari acara buka luwur akan digelar pada tanggal 10 Muharam. "Itu sekitar 1.500 an meter kain luwur. Jadi di tanggal 10 puncaknya buka luwur Sunan Kudus. Sedangkan tanggal 8-9 Muharam mulai dipasang kembali," pungkas Kharis.

(sip/mbr)