Round-Up

5 Fakta Aksi KPK Tangani Dugaan Korupsi-Gratifikasi di Pemkab Banjarnegara

Uje Hartono - detikNews
Selasa, 10 Agu 2021 09:02 WIB
Penggeledahan di kantor Dinas PUPR Banjarnegara, Senin (9/8/2021)
Penggeledahan di kantor Dinas PUPR Banjarnegara. (Foto: Uje Hartono/detikcom)
Banjarnegara -

Kantor Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjarnegara dan PT Bumi Redjo diperiksa Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK). Pemeriksaan dilakukan menyusul dugaan korupsi terkait pengadaan pada Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara tahun 2017-2018.

Berikut fakta-fakta terkait pemeriksaan KPK di Banjarnegara:

1. Dugaan adanya gratifikasi

KPK mulai mengusut kasus dugaan korupsi terkait pengadaan pada Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara tahun 2017-2018. KPK menyebut ada dugaan gratifikasi dalam proses pengadaan di Pemkab Banjarnegara.

"KPK saat ini sedang melakukan kegiatan penyidikan dugaan TPK turut serta dalam pemborongan, pengadaan atau persewaan pada Dinas PUPR Pemkab Banjarnegara Tahun 2017-2018 dan penerimaan gratifikasi," ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, kepada wartawan, Senin (9/8/2021).

Namun, Ali belum menjelaskan siapa tersangka dalam kasus ini. Dia mengatakan pengumuman tersangka segera dilakukan. Pihaknya juga meminta waktu agar penyidik bisa menuntaskan tugasnya.

"Mengenai kronologis kasus dan pihak-pihak yang dijadikan tersangka, KPK belum dapat mengumumkannya dan akan dilakukan saat penangkapan dan atau penahanan telah terhadap tersangka," kata dia.

2. Pemeriksaan dilakukan di 2 tempat

Pemeriksaan oleh tim KPK dibagi menjadi dua. Sebagian memeriksa kantor Dinas PUPR, sebagian lagi di kantor PT Bumi Redjo. Kedua lokasi pemeriksaan tersebut jaraknya berdekatan di Jalan DI Panjaitan, Banjarnegara, Jawa Tengah.

3. Lokasi pemeriksaan dijaga ketat polisi

Lokasi pemeriksaan yakni di kantor Dinas PUPR Banjarnegara, dan PT Bumi Redjo dijaga ketat polisi. Polisi berjaga lengkap membawa senjata laras panjang. pintu gerbang di dua lokasi ditutup.

Tampak beberapa petugas yang mengenakan rompi krem bertuliskan KPK terlihat wira-wiri berjalan, baik di kantor Dinas PUPR maupun di dalam rumah pribadi Bupati Banjarnegara, Budhi Sarwono, yang juga kantor PT Bumi Rejo.

4. Pemeriksaan berlangsung 7 jam

Pantauan di lokasi, Senin (9/8/2021), penggeledahan yang dimulai sekitar pukul 10.00 WIB itu selesai sekitar pukul 17.00 WIB. Usai penggeladahan tak ada pernyataan apapun yang disampaikan oleh Bupati maupun jajaran Pemkab Banjarnegara.

5. Bupati absen rapat COVID-19 bersama Ganjar

Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono tampak absen dalam rapat via daring penanganan virus Corona dengan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo.

Rapat penanganan COVID ini digelar setiap pekan melalui daring dan diikuti kepala daerah di 35 kabupaten/kota di Jateng. Ganjar mengatakan Budhi tidak terlihat mengikuti rapat hari ini.

"Nggak, nggak (tidak hadir)," kata Ganjar usai Rapat Penanganan COVID-19 di kantornya, Semarang, Senin (9/8).

(mbr/mbr)