Beredar Seruan Aksi Turun ke Jalan, Polres Kudus: Tak Usah Bikin Kerumunan!

ADVERTISEMENT

Beredar Seruan Aksi Turun ke Jalan, Polres Kudus: Tak Usah Bikin Kerumunan!

Dian Utoro Aji - detikNews
Jumat, 23 Jul 2021 15:46 WIB
Seruan ajakan aksi turun ke jalan, Jumat (23/7/2021).
Seruan aksi turun ke jalan beredar di media sosial. (Foto: Tangkapan layar akun IG @border_rakyat)
Kudus -

Sebuah ajakan aksi serentak ramai di media sosial. Salah satu rencana aksi serentak dilakukan di Kudus, Jawa Tengah, besok. Lalu, apa kata polisi?

Seruan aksi serentak itu beredar di sejumlah media sosial. Salah satunya diunggah akun Instagram border_rakyat. Seperti dilihat detikcom, aksi serentak berhari-hari mulai 24 Juli 2021. Aksi serentak dilakukan di berbagai kota, salah satunya Kudus.

"Aksi warga, dimanapun, kapanpun, dan siapapun!

Kemarahan warga akhirnya pecah. Warga akan turun ke jalan selama berhari-hari tanpa identitas, golongan, kelompok, maupun bendera, mereka yang turun ke jalan adalah warga yang muak dengan situasi saat ini. Mengaku pada metode aksi *Be Water*, aksi ini akan cair bekerja, segala bentuknya akan terus berkembang, tidak ada ketua, tidak ada aksi ini milik siapa, semua ini milik warga. Anda bisa menentukan peran jadi apa sesuai dengan keahlian Anda. Bahkan Anda yang tidak bisa turun ke jalan pun dan berkontribusi untuk aksi ini," tulisnya seperti dilihat detikcom, Jumat (23/7/2021).

Hingga berita ini ditulis, unggahan yang di-posting satu hari yang lalu itu sudah mendapatkan 4.775 suka dan ratusan komentar.

Terkait seruan aksi itu, Kasubag Humas Polres Kudus, AKP Bambang Sutaryo, mengatakan belum mendapatkan laporan terkait dengan rencana aksi serentak di Kudus.

"Saya kurang memantaunya, (soal rencana aksi serentak)," kata Bambang saat dimintai konfirmasi detikcom lewat pesan singkat, hari ini.

Meski demikian, Bambang mengimbau kepada masyarakat agar tidak turun ke jalan menggelar aksi. Apalagi saat ini masa pandemi COVID-19 dan diberlakukan PPKM Level 4 di Kudus. Dikhawatirkan terjadi kerumunan.

"Imbauan kalau bisa tidak usah karena situasi (PPKM Level 4 di Kudus), bisa terjadi kerumunan," pungkas dia.

Simak video 'Beredar Seruan Demo Jokowi di DKI, Polda Metro Ingatkan RS-Kuburan Penuh':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT