Round-Up

9 Fakta Terungkap Saat Gibran Rakabuming Raka Terpapar Corona

Ari Purnomo - detikNews
Kamis, 15 Jul 2021 08:26 WIB
Gibran Rakabuming Raka, Wali Kota Solo
Gibran Rakabuming Raka (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Solo -

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka positif mengkonfirmasi bahwa dirinya positif terpapar virus Corona atau COVID-19. Pengumuman itu disampaikan langsung oleh Gibran kepada wartawan Solo melalui aplikasi Zoom, Rabu (14 /7/2021).

Berikut 9 fakta yang terungkap mengenai kondisi Gibran:

1. Terbukti dari hasil PCR

Kondisi Gibran yang positif COVID-19 diketahui usai melakukan tes PCR di rumah sakit Bung Karno (RSBK). Sebelumnya, Gibran melakukan tes swab antigen yang memang rutin dilakukannya.

"Saya kan rutin antigen dan kebetulan kemarin antigen saya negatif. Tetapi, saya tidak percaya dengan hasil itu kemudian saya suruh teman dari RSBK (RS Bung Karno) untuk PCR dan hasilnya positif," ujar Gibran.

Hasil tersebut diketahuinya pada Senin (12 /7) pagi.

2. Sempat negatif antigen

Sebelum memutuskan untuk tes ulang PCR, Gibran melakukan tes swab antigen. Dan hasil dari tes tersebut menyatakan bahwa orang nomor satu di Kota Solo itu negatif COVID-19.

Akan tetapi, Gibran tidak lantas percaya dengan hasil tersebut. Putra sulung Presiden Jokowi itu pun meminta agar dirinya dites menggunakan PCR.

Dan benar saja, dari hasil tes tersebut Gibran dinyatakan positif COVID-19.

"Saya tidak percaya dengan hasil itu (negatif), kemudian saya suruh teman dari RSBK untuk PCR lalu hasilnya positif," tutur Gibran.

3. Status OTG

Meski dinyatakan positif COVID-19, tetapi Gibran mengaku tidak merasakan gejala layaknya pasien virus Corona lainnya.

Bahkan Gibran mengatakan, kondisinya masih sehat dan tetap bisa beraktivitas seperti biasa. Termasuk melakukan pekerjaan seperti sebelum terpapar virus Corona.

"Tapi teman media tidak perlu takut, ini saya dalam keadaan sehat tidak ada gejala apapun," ungkap Gibran Rakabuming Raka.

Selanjutnya: Kondisi keluarga

Simak Video: Gibran Rakabuming Positif Covid-19 Tanpa Gejala

[Gambas:Video 20detik]