Menkes Ganti Dirut RSUP Dr Sardjito Yogyakarta

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Senin, 12 Jul 2021 16:38 WIB
RSUP dr Sardjito Yogyakarta
Foto: RSUP dr Sardjito, Yogyakarta (Jauh Hari Wawan S/detikcom)
Sleman -

Direktur Utama (Dirut) RSUP Dr Sardjito Rukmono Siswishanto diganti dari jabatannya. Rukmono kini menjabat sebagai Direktur Utama Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Prof dr Soerojo, Magelang.

Posisinya di RSUP Dr Sardjito kemudian diganti oleh dr. Eniarti, M.Sc., Sp.KJ., M.M.R. Diketahui Erniati sebelumnya menjabat sebagai Dirut RSJ Prof dr Soerojo, Magelang.

Kepala Bagian Hukum dan Humas RSUP Dr Sardjito Banu Hermawan saat dikonfirmasi wartawan membenarkan hal tersebut.

"Iya, mas (Rukmono ganti jabatan)," kata Banu melalui aplikasi pesan, Senin (12/7/2021).

Menurut Banu, rotasi jabatan ini merupakan hal yang wajar di lingkungan Kementerian Kesehatan. Seperti diketahui, RSUP Dr Sardjito merupakan rumah sakit di bawah Kementerian Kesehatan.

"Pergantian ini merupakan rotasi jabatan biasa, dan itu hal lumrah di lingkungan Kementerian Kesehatan sebagai penyegaran organisasi di lingkungan Kementerian Kesehatan RI," kata Banu.

Belum jelas penyebab pasti digantinya Rukmono. Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin sebagaimana dikutip dari sehatnegeriku.kemkes.go.id mengatakan rotasi dan mutasi jabatan adalah hal biasa dalam penyegaran organisasi.

Gunadi mengingatkan organisasi yang dijalankan saat ini di lingkungan Kemenkes tengah menghadapi tekanan yang luar biasa karena adanya peningkatan dari penularan virus COVID-19.

"Untuk itu di manapun rekan-rekan berada sebagai pimpinan rumah sakit terutama yang merupakan rumah sakit vertikal Kementerian Kesehatan harus dipastikan bahwa tugas utama kita melayani masyarakat sebaik-baiknya, mempersiapkan infrastruktur dengan sebaik-baiknya, dan juga membina semua tenaga kesehatan yang ada di rumah sakit kita dengan sebaik-baiknya," ucap Gunadi.

Menurutnya, tekanan yang amat besar dari pandemi ini akan membuat ketiga hal tersebut menjadi sangat krusial dan penting untuk dimonitor kesiapannya setiap hari.

"Oleh karena itu titipan saya kepada para Dirut rumah sakit vertikal yang ada di seluruh Indonesia pastikan bahwa kita meluangkan waktu dan tenaga yang cukup untuk mengantisipasi semua masalah yang mungkin terjadi, dan memberikan pelayanan sebaik-baiknya terhadap masyarakat yang berada di sekitar kita," katanya.

Simak juga 'Polda DIY Kirim 100 Tabung Oksigen ke RSUP dr. Sardjito':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)