IGD RSUD Goeteng Purbalingga Overload, Dokter Kelelahan

Vandi Romadhon - detikNews
Selasa, 06 Jul 2021 15:55 WIB
IGD RSUD Goeteng Taroenadibrata Purbalingga ditutup sementara, Selasa (6/7/2021).
IGD RSUD Goeteng Taroenadibrata, Purbalingga, ditutup sementara, Selasa (6/7/2021). (Foto: Vandi Romadhon/detikcom)
Purbalingga -

Bed occupancy rate (BOR) atau tingkat keterisian tempat tidur isolasi dan instalasi gawat darurat (IGD) RSUD Goeteng Taroenadibrata, Purbalingga, Jawa Tengah, telah penuh. Dokter di rumah sakit itu juga sudah kelelahan.

"Dokternya pada kelelahan ada yang positif juga beberapa isoman (isolasi mandiri)," kata Plt Direktur RSUD Goeteng Taroenadibrata sekaligus Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Hanung Wikantono, kepada detikcom, Selasa (6/7/2021)

"IGD kapasitasnya sudah overload, BOR-nya sudah 100 persen full," kata Hanung.

Atas pertimbangan itu manajemen rumah sakit memutuskan untuk menutup sementara layanan IGD. Penutupan dilakukan sampai menunggu antrean pasien di isolasi dan IGD terurai.

"Ruang isolasi 114 (tempat tidur) sudah full, kita tunggu kalau sudah ada yang sembuh atau ringan kan diisomankan. Nanti itu bisa masuk lah nanti bisa kita buka kembali," katanya.

Dia menyebut pasien dengan kondisi saturasi oksigen tak gawat akan dirawat di lokasi isolasi terpusat. Isolasi terpusat yang dimaksud yakni di bangunan eks SMP 3 Purbalingga.

"Per hari ini (ditutup) sudah laporan ke BPJS, ke Bupati," ujarnya.

Meski rumah sakit telah penuh, dia tak membuka opsi mendirikan tenda. Hanung mempertimbangkan faktor cuaca, tenaga medis, dan terkait mandi cuci kakus (MCK).

"Kalau pendirian tenda kami khawatir malah kewalahan. Jadi di opsi itu (mendirikan tenda) setelah berbicara dengan manajemen tidak kita lakukan," jelasnya.

Sedangkan data kasus Corona di Purbalingga berdasarkan data Dinas Kesehatan terdapat 207 orang pasien Corona yang menjalani perawatan di rumah sakit. Sedangkan 1.896 orang lainnya menjalani isolasi mandiri.

Simak juga 'Pasien Berdatangan, IGD RSUD Subang Overload!':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)