Perangkat Desa di Boyolali yang Dibakar Hidup-hidup Akhirnya Meninggal

Ragil Ajiyanto - detikNews
Kamis, 01 Jul 2021 11:33 WIB
Ilustrasi Garis Polisi
Ilustrasi garis polisi. (Foto: Ari Saputra)
Boyolali -

Perangkat Desa di Kecamatan Simo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, Bintang Alfatah (55), yang menjadi korban pembakaran gara-gara masalah rumah, meninggal dunia dini hari tadi. Nyawanya tak terselamatkan akibat luka bakar yang dia alami mencapai sekitar 50 persen.

"Iya, korban kasus pembakaran dengan disiram bensin, yaitu saudara Bintang Alfatah, meninggal dunia," kata Kanit Reskrim Polsek Simo, Aiptu Budiarto, kepada detikcom Kamis (1/7/2021).

Kepala Dusun (Kadus) I Desa Simo, Kecamatan Simo itu menghembuskan napas terakhir dalam perawatan intensif di RSUD Simo, pukul 01.20 WIB, dini hari tadi. Warga Dukuh Simo, Desa Simo itu dimakamkan siang hari ini di Pemakaman Umum Kebon Ijo Titang, Simo.

Sedangkan pelaku yakni M (50) warga Desa Simo, sampai saat ini belum tertangkap. Polisi saat ini masih menyelidiki dan mengejar pelaku yang langsung kabur usai membakar korban tersebut.

"Pelaku belum tertangkap," kata Budiarto.

Terduga pelaku nantinya bisa kenakan pasal berlapis, yaitu Pasal 187(2) KUHP tentang pembakaran orang atau barang. Selain itu juga bisa dikenakan Pasal 340 KUHP tentang pembunuhan berencana dengan ancaman hukuman seumur hidup dan atau paling lama 20 tahun.

Sementara itu Camat Simo, Waluyo Jati, juga membenarkan bahwa Bintang Alfatah yang menjadi korban pembakaran oleh M, meninggal dunia. Dia mengaku mendapat kabar tersebut pada pukul 04.00 WIB.

Waluyo Jati mengungkapkan bahwa almarhum Bintang sudah menjalani operasi pencangkokan kulit dua hari lalu. Kondisi paling parah adalah luka pada kepala bagian belakang.

"Usai operasi, pada Rabu (30/6) masuk ICU hingga kemudian meninggal dunia. Korban tidak jadi dirujuk ke rumah sakit di Solo, dia menjalani perawatan di RSUD Simo," kata Waluyo Jati kepada wartawan hari ini

Diberitakan sebelumnya Bintang menjadi korban dibakar oleh tetangganya yang berinisial M. Tubuh Bintang disiram bahan bakar minyak (BBM) jenis pertalite dan langsung disulut menggunakan korek api oleh pelaku, M (50) pada Sabtu (26/6/2021) sekitar pukul 13.00 WIB. Peristiwa itu terjadi di rumah yang ditempati pelaku. Korban saat itu langsung ditolong warga sekitar dibawa ke RSUD Simo.

Kasus itu terjadi diduga gara-gara masalah rumah. Kejadian bermula ketika korban mendatangi rumah pelaku dan menanyakan, mengapa masih tinggal di rumah tersebut. Padahal rumah yang ditempati pelaku sudah dibeli korban.

Pelaku diduga juga sudah merencanakan dan menyiapkan aksinya tersebut. Bahkan juga sudah menyiapkan baju-bajunya dimasukkan ke tas untuk kabur.

Simak juga 'IGD Penuh, RSUD Boyolali Siapkan Tenda Darurat':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)