Susul Kebumen-Purbalingga, PDIP Banjarnegara Dukung Puan Capres 2024

Uje Hartono - detikNews
Kamis, 10 Jun 2021 15:40 WIB
Puan Maharani dan Boy William
Puan Maharani. Foto: (dok.YouTube)
Banjarnegara -

Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDI Perjuangan (PDIP) Banjarnegara mengusulkan Puan Maharani sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024. Keputusan ini berdasarkan Rakercab yang diikuti 20 pengurus anak cabang (PAC) di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

"Berdasarkan hasil Rakercab pada akhir Bulan Mei lalu mengusulkan Puan Maharani untuk menjadi calon presiden pada Pilpres 2024," kata Ketua DPC PDIP Banjarnegara, Nuryanto, saat jumpa pers di kantor DPC PDIP Banjarnegara, Kamis (10/6/2021).

Dalam rakercab tersebut, dihadiri 20 PAC yang ada di Banjarnegara. Selain mengusulkan calon presiden, hasil Rakercab juga mengusulkan bakal calon kepala daerah pada Pilkada serentak tahun 2024 nanti. Hanya, berdasarkan hasil Rakercab belum mengerucut ke salah satu nama.

"Kami mendengarkan suara 20 PAC PDI Perjuangan yang ada di Banjarnegara. Ini usulan dari bawah bahwa ibu Puan Maharani diusulkan menjadi calon presiden. Sedangkan untuk bakal calon kepala daerah, baik bupati atau gubernur mengusulkan kader terbaik internal partai," jelasnya.

Namun demikian, ia menegaskan bahwa DPC PDI Perjuangan tetap tegak lurus dengan instruksi dan arahan partai. Termasuk juga PAC, ranting dan badan sayap partai.

"Kami tetap tegak lurus dengan instruksi dan arahan partai. Kita hanya menampung suara dari bawah. Tetapi bagaimana nanti keputusan dan instruksi partai seperti apa, kami tegak lurus," ujarnya.

DPC PDIP Banjarnegara jumpa pers dukungan terhadap Puan Maharani maju capres di Pilpres 2024, Kamis (10/6/2021).DPC PDIP Banjarnegara jumpa pers dukungan terhadap Puan Maharani maju capres di Pilpres 2024, Kamis (10/6/2021). Foto: Uje Hartono/detikcom

Nuryanto juga menuturkan akan menaikkan target perolehan suara PDI Perjuangan Banjarnegara pada Pemilu 2024 nanti. Jika saat ini 18 persen, nantinya bisa di atas 20 persen.

"Pemilu 2024 PDI Perjuangan Banjarnegara di atas 20 persen. Kalau sekarang kurang lebih 18 persen. Kita harus betul-betul mencapai target itu," ucapnya.

Sebelumnya, dukungan untuk Puan Maharani maju capres 2024 muncul dari DPC PDIP Kebumen, Jawa Tengah. Keputusan itu hasil rakercab DPC PDIP Kebumen pada Sabtu (29/5).

"DPC PDIP Kabupaten Kebumen didukung oleh seluruh komponen PAC badan sayap, mengusulkan agar capres 2024 adalah Mbak Puan Maharani," kata Ketua DPC PDIP Kebumen, Saiful Hadi, saat dihubungi detikcom, Minggu (6/6).

Kemudian, DPC PDIP Purbalingga, Jawa Tengah, secara resmi juga mendukung Puan Marahani sebagai capres pada Pilpres 2024. Keputusan tersebut merupakan hasil rakercab.

"DPC PDIP Kabupaten Purbalingga beserta segenap jajarannya, mulai Pengurus Anak Cabang (PAC), ranting dan badan sayap resmi mengusulkan Puan Maharani sebagai capres di Pilpres 2024. Itu sikap bulat kami," kata Ketua DPC PDIP Purbalingga Bambang Irawan kepada wartawan, Rabu (9/6).

(rih/mbr)