Pemilik Warung Apung Kedungombo Tersangka Pekerjakan Bocah Jadi Nakhoda

Ragil Ajiyanto - detikNews
Selasa, 18 Mei 2021 15:13 WIB
Jumpa pers kasus perahu terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Selasa (18/5/2021).
Jumpa pers kasus perahu terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Selasa (18/5/2021). (Foto: Ragil Ajiyanto/detikcom)
Boyolali -

Polisi telah menetapkan nakhoda G (13) dan pemilik warung apung Waduk Kedungombo (WKO) Boyolali Kardiyo HS (52) sebagai tersangka dalam insiden perahu terbalik yang menewaskan sembilan orang penumpangnya. Pemilik warung apung dijerat dengan pasal berlapis, salah satunya soal perannya yang mempekerjakan anak di bawah umur sebagai nakhoda perahu.

"Setiap orang dilarang menempatkan, membiarkan, melakukan, menyuruh melakukan atau turut serta melakukan eksploitasi secara ekonomi dan atau seksual terhadap anak dengan sanksi pidana paling lama 10 tahun dan atau denda Rp 200 juta," ujar Kapolres Boyolali AKBP Morry Ermond dalam jumpa pers di kantornya, Selasa (18/5/2021).

Kardiyo ditetapkan sebagai tersangka dengan dijerat Pasal 76 i UU No 35 Tahun 2014 tentang perubahan atas UU No 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak.

Dia juga disangkakan Pasal 359 KUHP, yaitu karena kelalaiannya menyebabkan orang lain meninggal dunia. Pasal tersebut juga digunakan untuk menjerat tersangka bocah nakhoda perahu.

Morry menjelaskan tersangka bocah nakhoda perahu merupakan keponakannya Kardiyo. Bocah tersebut sudah bekerja di Warung Apung Gako milik Kardiyo kurang lebih setahun, terutama di hari Sabtu dan Minggu dengan upah Rp 100 ribu per hari.

"Keterangan yang berhasil kita terima dari saudara G, diperintahkan oleh pamannya (Kardiyo) untuk mengantarkan penumpang atau calon pelanggan warung dari daratan ke warung apung," terang dia.

Untuk menjemput dan mengantarkan konsumen ke warung apung milik Kardiyo, G menggunakan perahu motor berbahan fiberglass warna putih. Perahu itu juga merupakan milik Kardiyo. Jarak warung Apung Gako ke daratan sekitar 200 meter.

Perahu motor ini merupakan fasilitas yang diberikan oleh pihak Warung Apung Gako untuk mengantarkan konsumennya untuk menuju ke warung yang terletak di tengah Waduk Kedungombo itu.

"Iya, satu paket," kata Morry.

Simak Video: Perahu Terbalik di Kedungombo Boyolali, 2 Orang Jadi Tersangka

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)