Ini Dia Alasan Hakim PN Wates Kabulkan Transgender Jadi Laki-laki

Jalu Rahman Dewantara - detikNews
Senin, 17 Mei 2021 16:27 WIB
ilustrasi jenis kelamin
Ilustrasi gender (Foto: thinkstock)

detikcom telah mencoba menelusuri keberadaan RS di Dusun III, Kalurahan Bojong, Kapanewon Panjatan, tetapi hingga berita ini ditulis belum membuahkan hasil. Berdasarkan keterangan Kepala Dusun III Bojong, Umar Sawai, RS sudah pindah ke wilayah Bantul, DIY.

"Sudah sebulanan ini pindah ke Bantul, saya lupa tanggal pastinya, tapi yang jelas sebelah puasa," kata Umar.

Umar mengatakan RS merupakan warga baru di wilayah Bojong. Ia datang dan menetap di Bojong sejak awal 2021 sebelum akhirnya pindah ke Bantul beberapa bulan kemudian.

"Setahu saya dia orang Sumatera, terus pindah ke Kulon Progo dan sudah ngurus data kependudukan yang menunjukkan bahwa dia sudah jadi warga Kulon Progo, lalu tinggal di sini beberapa bulan," ujarnya.

Umar pun menceritakan saat pertama kali dirinya bertemu dengan RS dalam rangka mengurus izin tinggal di wilayahnya. Secara kodrat kata Umar, RS adalah perempuan, tapi penampilannya menyerupai laki-laki. Hal itu terlihat dari potongan rambut RS yang pendek laiknya laki-laki pada umumnya.

"Memang sudah kayak laki-laki itu," ucapnya.

Setelah pertemuan itu, Umar tak lagi melihat sosok RS. Lama tak berjumpa Umar mendapat kabar bahwa RS telah resmi berganti gender. Kabar itu disampaikan kuasa hukum RS saat mengurus berkas kepindahan dari Bojong ke Bantul.

"Waktu itu kan ngurus kepindahan di Balai Desa Bojong, nah kuasa hukumnya ini nunjukin putusan pengadilan bahwa warga saya (RS) sudah resmi jadi laki-laki," jelasnya.

Halaman

(rih/sip)