9 Petugas-Warga Binaan Rutan Rembang Positif Corona

Arif Syaefudin - detikNews
Senin, 03 Mei 2021 16:16 WIB
Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Rembang, Senin (3/5/2021).
Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Rembang, Senin (3/5/2021). Foto: Arif Syaefudin/detikcom
Rembang -

Sebanyak 7 orang petugas Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Rembang terkonfirmasi positif virus Corona atau COVID-19. Ada pula dua orang warga binaan setempat yang dinyatakan positif Corona, hasil dari tracing lanjutan.

Humas Gugus Tugas COVID-19 Rembang, Arief Dwi Sulistya, mengatakan awalnya terdapat 1 orang petugas setempat yang bergejala dan dinyatakan positif. Setelah dilakukan tracing, terdapat 6 orang yang terpapar.

"Dari Dinas Kesehatan memberikan konfirmasi 7 orang positif, semuanya pegawai dari Rutan Rembang. Awalnya yang positif satu, setelah dilakukan tracing ada enam orang itu," terang Arief saat dikonfirmasi detikcom melalui sambungan telepon, Senin (3/5/2021).

Arief menjelaskan, 7 orang petugas rutan tersebut di antaranya 5 orang ber-KTP Rembang, dan dua orang sisanya merupakan warga Kabupaten Blora. Sementara warga binaan, merupakan napi titipan dari pihak Kejaksaan Negeri Rembang.

Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Rembang, Senin (3/5/2021).Rumah Tahanan (Rutan) kelas II B Rembang, Senin (3/5/2021). Foto: Arif Syaefudin/detikcom

"Kita akan dalami terlebih dahulu terkait tugas dari para pegawai ini. Karena kan tidak semua pegawai rutan bersinggungan secara langsung dengan warga binaan. Termasuk soal penutupan rutan dari kunjungan warga luar, sedang dikoordinasikan," paparnya.

Kini, tujuh orang petugas tersebut ada yang dalam masa isolasi secara mandiri maupun di rumah sakit (RS). Sementara dua warga binaan, diisolasi mandiri dengan cara dipisahkan ruang tahanannya dari para warga binaan lainnya.

Arief menyebut, atas kondisi itu tim gugus tugas sejauh ini telah melakukan contact tracing. Kemudian melakukan sterilisasi lingkungan kerja para pegawai tersebut. Termasuk melakukan isolasi terhadap para pegawai terpapar.

Tonton juga Video: Atta Halilintar Sembuh dari Corona, Aurel Bersyukur

[Gambas:Video 20detik]



(rih/mbr)