Jelang Lebaran, Pusat Perbelanjaan di Kota Semarang Ramai Pengunjung

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Minggu, 02 Mei 2021 21:30 WIB
Suasana sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Semarang jelang Lebaran, Minggu (2/5/2021).
Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Kota Semarang jelang Lebaran (Foto: Angling/detikcom)
Semarang -

Menjelang hari raya Idul Fitri, sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Semarang, mulai dipadati pengunjung. Terlihat di beberapa tempat menambah penjaga keamanan yang bersiaga untuk mengatur pengunjung.

Pantauan detikcom, Minggu (2/5), sekitar pukul 13.00 WIB hingga 20.00 WIB di beberapa tempat berbeda, menunjukkan banyaknya warga yang mendatangi pusat perbelanjaan khususnya pakaian. Namun keramaian itu tidak sampai menimbulkan kerumunan yang berjubel.

Di salah satu swalayan di Jalan Majapahit, Kota Semarang terlihat keramaian warga yang belanja barang untuk kebutuhan Lebaran. Petugas keamanan juga terlihat sibuk mengarahkan pengunjung agar tidak berkerumun, salah satunya dengan meminta agar yang mengantre di kasir cukup satu orang saja.

Kemudian di kawasan Jalan Pandanaran juga terlihat beberapa toko pakaian yang ramai dikunjungi. Namun tidak sampai ada kerumunan.

Berlanjut pantauan malam hari di toko-toko retail yang berada di Plaza Simpang Lima dan Mal Ciputra Semarang. Pengunjung juga banyak yang datang dan berbelanja. Sama seperti tempat lainnya, petugas keamanan juga bersiaga.

Public Relations mal Ciputra Semarang, Aisa R Jusmar membenarkan ada kenaikan jumlah pengunjung namun untuk data baru bisa dilihat hari Senin (3/5) besok. Penambahan petugas keamanan memang dilakukan, termasuk petugas yang berkeliling untuk sosialisasi protokol kesehatan.

"Penambahan personel sekukuriti. Security mobile yang membawa signage 'Memakai Masker dan Jaga Jarak' konsisten kami lakukan. Security mobile ini petugas yang muter-muter mal selama jam operasional, mereka bawa papan tulisan peringatan pakai masker dan jaga jarak," kata Aisa saat dihubungi detikcom, Minggu (2/5/2021).

Suasana sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Semarang jelang Lebaran, Minggu (2/5/2021).Suasana salah satu pusat perbelanjaan di Kota Semarang jelang Lebaran, Minggu (2/5/2021). Foto: Angling/detikcom

Imbauan-imbauan soal protokol kesehatan juga disiarkan di mal setiap 30 menit. Hal itu merupakan salah satu upaya pihak mal untuk mengantisipasi kerumunan.

"Siaran 3M melalui radio mal setiap 30 menit. Penyemprotam disinfektan rutin ke toko-toko dan publik area secara berkala," ujarnya.

(alg/ams)