Terpopuler Sepekan

Menguak Masa Lalu Jozeph Paul Zhang

Akbar Hari Mukti - detikNews
Sabtu, 24 Apr 2021 09:04 WIB
Jozeph Paul Zhang
Foto: Jozeph Paul Zhang (ist/YouTube)
Salatiga -

Bareskrim Polri dan Interpol saat ini masih memburu Jozeph Paul Zhang yang mengaku sebagai nabi ke-26 dan diduga melakukan penistaan agama. Pria bernama asli Shindy Paul Soerjomoelyono itu berasal dari Tegal dan sempat kuliah di Salatiga, Jawa Tengah.

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat mengatakan, Jozeph pernah mengontrak rumah di Kota Salatiga dan kuliah di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

"Jozeph benar pernah mengontrak rumah di Kota Salatiga, di Perum Dliko gang III hingga 2012. Juga kuliah di UKSW jurusan Pertanian pada 1997. Tapi apakah lulus kami masih berkoordinasi dengan UKSW karena data lama," jelas Rahmad saat dihubungi wartawan, Senin (19/4/2021).

Rahmad menyebut meski merupakan warga Tegal, Jozeph Paul Zhang juga memiliki KTP Salatiga. Jozeh Paul Zhang juga diketahui kerap pindah domisili.

"Yang bersangkutan memiliki KTP Salatiga, meski sering berpindah. Tapi tahun 2018 meninggalkan Indonesia, dan dari hasil penelusuran tak ada keluarganya di Salatiga, hanya orang tuanya di Tegal," jelasnya.

Jozeph Paul Zhang yang diduga menista agama diketahui sempat mengontrak sebuah rumah di perumahan Dliko Indah III, Blotongan, Kota Salatiga. Namun para tetangga kontrakan yang ditempati Jozeph Paul Zhang mengaku tak mengenal yang bersangkutan.

"Para tetangga tak mengenal yang bersangkutan," jelas salah satu tetangga kontrakan, Sri Dewi saat ditemui detikcom di Dliko Indah III, Blotongan, Salatiga, awal pekan ini

Dewi menuturkan sejak kabar tentang Jozeph Paul Zhang viral, para tetangga di kawasan tersebut mulai mencari tahu. Namun sosok Jozeph Paul Zhang masih misterius.

"Sejak viral berita tentang itu memang banyak tetangga yang bertanya. Tapi memang tidak ada yang tahu dengan yang namanya Jozeph Paul Zhang pernah ngontrak di daerah sini," ujarnya.

Terpisah, Ketua RW 11 Perum Dliko Indah, Zainal Abidin juga mengaku tak mengenal Jozeph Paul Zhang. Zainal tinggal di kawasan tersebut sejak 1987, dan menjadi ketua RW pada 2019.

"Kami selalu mencatat warga yang mengontrak di lingkungan di data. Dan warga yang bersangkutan (Jozeph Paul Zhang) tidak ada," jelasnya kepada wartawan.

Pihak Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga pun membenarkan Shindy Paul Soerjomoelyono merupakan alumni kampus tersebut. Dia tercatat sempat melanjutkan S2 Pertanian, namun tidak sampai lulus.

"Jozeph atau Shindy Paul Soerjomoeljono adalah alumni UKSW. Ia lulus dari Fakultas Pertanian tahun 1996. Sempat melanjutkan pendidikan S2 Magister Manajemen, tetapi tidak selesai," jelas Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidara, melalui keterangan resminya, Rabu (21/4).

Neil mengatakan UKSW menyesalkan pernyataan alumninya yang dinilai menista agama. Neil menilai tindakan Jozeph menyampaikan pandangan pribadinya.

"Kami sesalkan itu dilakukan Jozeph sebagai alumni UKSW. UKSW adalah lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan berpikir dan berekspresi. Kami menilai tindakannya menyampaikan pandangan pribadi. Ia sepertinya perhitungkan secara baik efek pernyataannya dan ketidakdapat-berterimaan pihak lain atas pandangannya itu," jelasnya.

Selengkapnya soal sosok Jozeph Paul Zhang di masa sekolahnya dulu...

Simak Video: Polri Koordinasi dengan Imigrasi untuk Cabut Paspor Jozeph Paul Zhang

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2 3