Round-Up

Guru SMA Sebut Jozeph Paul Zhang Tak Menonjol, Kuliah di UKSW Juga Jebol

Imam Suripto, Akbar Hari Mukti - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 08:31 WIB
Jozeph Paul Zhang, tersangka penodaan agama yang kini diburu polisi, adalah lulusan SMA Negeri 1 Kota Tegal, Rabu (21/4/2021).
Salinan ijazah sekolah Jozeph (Foto: Imam Suripto/detikcom)
Salatiga -

Jejak Jozeph Paul Zhang atau Shindy Paul Soerjomoelkono yang mengaku sebagai nabi ke-26 pernah tinggal di Jawa Tengah, yakni di Salatiga. Tak hanya tinggal, dia juga menempuh pendidikan tinggi di Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW).

Rektor Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga Neil Semuel Rupidara membenarkan Jozeph Paul Zhang merupakan alumni kampus tersebut. Dia merupakan lulusan Fakultas Pertanian.

"Jozeph atau Shindy Paul Soerjomoeljono adalah alumni UKSW. Ia lulus dari Fakultas Pertanian tahun 1996. Sempat melanjutkan pendidikan S2 Magister Manajemen, tetapi tidak selesai," jelas Rektor UKSW, Neil Semuel Rupidara, melalui keterangan resminya, Rabu (21/4/2021).

Rektor menyesalkan alumnusnya melakukan tindakan yang dianggap menistakan agama. Neil menegaskan kampusnya selalu mengajarkan toleransi.

"Kami sesalkan itu dilakukan Jozeph sebagai alumni UKSW. UKSW adalah lembaga yang menjunjung tinggi kebebasan berpikir dan berekspresi. Kami menilai tindakannya menyampaikan pandangan pribadi. Ia sepertinya perhitungkan secara baik efek pernyataannya dan ketidakdapat-berterimaan pihak lain atas pandangannya itu," jelasnya.

"UKSW adalah kampus Indonesia Mini. Dalam setting komunitas yang seperti itu, kami mendidik mahasiswa untuk dapat berpikir dan bersikap peka dan toleran terhadap keragaman latar belakang," ungkapnya.


Selanjutnya: seperti apa nilai-nilai waktu sekolah di Tegal?

Lihat Video: Polri Koordinasi dengan Imigrasi untuk Cabut Paspor Jozeph Paul Zhang

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2