Teman-teman SMA Jozeph Paul Zhang Berang: Segera Serahkan Diri!

Imam Suripto - detikNews
Kamis, 22 Apr 2021 16:06 WIB
Kota Tegal -

Ulah Jozeph Paul Zhang yang mengaku nabi ke-26 membuat berang para alumni SMAN 1 Kota Tegal, Jawa Tengah. Para alumni meminta Jozeph segera menyerahkan diri ke polisi.

Jozeph Paul Zhang atau Shindy Paul Soerjomoelyono (47) diburu polisi atas tuduhan penistaan agama dengan mengaku sebagai nabi ke-26. Jozeph Paul Zhang merupakan alumni SMA 1 Tegal angkatan 1992/1993. Atas ulahnya itu, membuat Ketua Umum Ikatan Alumni SMA 1 Tegal (Ikasma), Tafakurrozak, berang.

"Kami minta saudara Jozeph Paul Zhang alias Shindy Paul Soerjomoelyono untuk segera menyerahkan diri. Dan kami minta Polri segera tangkap dia supaya diadili dan segera mempertanggungjawabkan ulah perbuatan dan perkataannya di YouTube karena sudah meresahkan dan mengancam kerukunan antarumat beragama," kata Tafakurrozak saat dihubungi wartawan Kamis (22/4/2021).

Selain mencoreng nama baik alumni, lanjutnya, perilaku Jozeph dikhawatirkan akan menimbulkan tindakan serupa atau saling hina antarumat beragama. Bila kondisi ini dibiarkan akan memecah persatuan bangsa.

"Kalau ini dibiarkan dan tidak diadili, akan ada lagi Paul-Paul lain yang nyerang agama lain," ujar Tafakurrozak.

Menurut Tafakurrozak, sosok Jozeph Paul Zhang bukan termasuk siswa yang menonjol semasa sekolah dulu. Prestasi belajar pun biasa-biasa saja. Namun, kata Tafakurrozak, perilaku Jozeph terkesan membenci Islam mulai terlihat sejak tahun 2017.

"Kalau menurut teman-teman seangkatannya dia biasa-biasa saja. Mulai tahun 2017, dia mulai agak menyerang, dan punya kebencian terhadap Islam," ungkapnya.

Tafakurrozak menegaskan, Jozeph sudah mencoreng nama baik alumni meskipun dia tidak aktif di organisasi alumni Ikasma. Tafakurrozak mengaku mendapat informasi terkait sosok Jozeph yang mulai aneh dari teman-teman satu angkatan, yakni angkatan 93.

"Semenjak lepas dari Tegal sikap dan perilaku dia berubah drastis, pemikirannya tidak lagi linier, bahkan teman seangkatan yang aktif di rohisnya Kristen bilang dia aneh, seperti orang stres," bebernya.

Tafakurrozak sebagai Ketua Umum Ikasma angkatan 1989 SMAN 1 Tegal, menduga bahwa Joseph Paul Zhang telah terpengaruh dengan pemikiran di lingkungan pergaulannya usai SMA.

"Ya penyebabnya mungkin dia ikut pergaulan kelompok keras setelah keluar dari Tegal. Yang jelas menurut teman-temannya itu meresahkan, kok berubah pemikirannya orang ini. Teman-temannya merasa malu," ucapnya.

"Sebagai Ketua Ikasma, saya prihatin ulah dan pernyataan-pernyataan Jozeph Paul Zhang yang menghina agama Islam dan mengaku sebagai nabi ke-26," pungkas Tafakurrozak.

(rih/sip)