Dilarang Mudik ke Jateng! Kendaraan Luar Daerah Harus Balik Kanan

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 08 Apr 2021 15:21 WIB
Ilustrasi Macet Tol Brexit
Ilustrasi arus mudik. (Foto: Subastian Basith/detikcom)
Semarang - Sebanyak 14 titik di perbatasan Provinsi Jawa tengah akan dijaga terkait larangan mudik Lebaran 2021. Kendaraan dari luar Jateng bakal diminta putar balik.

Pada rapat Forkopimda di Gedung Gradhika Bhakti Praja kemarin, pihak Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Jateng menyebut ada 85 titik penyekatan yang terdiri dari 14 perbatasan Provinsi dan 71 perbatasan Kabupaten-Kota. Untuk perbatasan antar provinsi disebutkan 12 tempat yaitu:

Jateng-Jabar
1. Tol Pejagan
2. Pantura: Pangkalan truk Kecipir, Brebes
3. Selatan: Patimuan, Cilacap

Jateng-DIY
4. Jalur Selatan di Bagelen, Purworejo
5. Jalur Tengah di Salam , Magelang
6. Selatan di Prambanan, Klaten

Jateng-Jatim
7. Tol Sragen
8. Pantura di Sarang, Rembang
9. Cepu, Blora
10. Selatan ada di Cemorokandang, Karanganyar
11. Nambangan, Wonogiri
12. Sambungmacan, Sragen

"Dua lagi Cilacap (Mergo) dan Banyumas," kata Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jateng Kombes Rudy Syafirudin saat dihubungi detikcom, Kamis (8/4/2021).

Rudy menjelaskan penyekatan perbatasan Jateng ini akan dilakukan mulai 6-17 Mei 2021. Menurutnya praktik penyekatan kali ini sama dengan yang terjadi pada masa Lebaran tahun lalu.

"Tol dan arteri akan disekat. Plat B akan kami kembalikan. Antar kota saja silakan. Provinsi saja, dari Jakarta, Jatim, Jabar, DIY tidak boleh masuk. Sama tahun lalu, penyekatan," jelasnya.

Meski demikian memang ada kendaraan tertentu yang diperbolehkan keluar masuk Jateng pada periode tersebut dengan catatan harus mengantongi izin dari pihak pemerintahan.

"Akan koordinasikan ke pak Gubernur. Misal ada tugas khusus keluar dan kembali ke Jateng harus ada izin dulu," pungkas Rudy.

Simak juga 'Pemerintah Kembali Ingatkan Larang Mudik Lebaran!':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/rih)