Viral Video Angin Kencang Landa Amplaz Yogya, Metal Detector Sempat Jatuh

Jauh Hari Wawan S. - detikNews
Senin, 05 Apr 2021 12:55 WIB
Ilustrasi angin kencang
Ilustrasi angin kencang. (Foto: dok detikcom)
Sleman -

Media sosial Twitter dihebohkan dengan video angin kencang yang melanda kawasan sekitar Ambarrukmo Plaza (Amplaz) di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Diketahui kejadian itu berlangsung saat ada hujan deras disertai angin kencang yang melanda wilayah Kabupaten Sleman, kemarin sore.

Video yang diunggah oleh akun @upil_jara**** dengan durasi 24 detik itu menunjukkan angin kencang masuk ke dalam gedung Amplaz. Pintu masuk Amplaz terbuka dan metal detector yang berada di pintu masuk kaca pun nampak terjatuh akibat terjangan angin.

GM Ambarrukmo Plaza, Surya Ananta, saat dimintai konfirmasi wartawan menjelaskan jika video itu diambil di pintu masuk Amplaz sisi selatan. Ia menyebut tidak ada kerusakan akibat kejadian itu.

"Yang pintu di video itu hanya angin masuk. Pintu terbuka. Tidak ada kerusakan apapun untuk di pintu sebelah selatan yang ada JCo. Itu cuma angin masuk pintu didorong saja nggak ada apa-apa," kata Ananta saat dihubungi wartawan, Senin (5/4/2021).

"Ya memang metal detector sempat jatuh. Itu bahannya cuma plastik ga terlalu berat bobotnya. Tadi kita berdirikan lagi itu hanya didorong angin," sambungnya.

Ia menjelaskan, kejadian angin kencang berlangsung sekitar 15 menit. Air pun tidak sampai masuk ke dalam mall.

"Sekitar jam 14.00 lebih. Mungkin hanya 15 menit. Begitu sudah tidak terdorong lagi kita bereskan. Sudah clear lagi dan itu hanya angin. Air (hujan) pun nggak masuk," ungkapnya.

Justru, kata dia, pepohonan di sisi timur ada yang roboh. Selain itu beberapa banner juga tertiup angin.

"Kalau yang di sisi timur kerusakan hanya pohon-pohon dan baliho saja dan beberapa banner. Ranting saja patah kecil," paparnya.

Kendati diterpa angin kencang, tidak ada pengunjung Ambarrukmo Plaza yang terluka. "Pintu selatan setelah kejadian itu sudah dibuka lagi. Sampai sekarang sudah normal lagi. Nggak ada pengunjung yang terluka. Ini murni cuaca ekstrem. Angin kencang. Tetap beraktivitas seperti biasa," pungkasnya.

Simak juga 'Angin Kencang Hantam Parepare, Rumah Warga Rusak Tertimpa Pohon Tumbang':

[Gambas:Video 20detik]



(sip/mbr)