Panglima TNI dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Corona Personelnya di Semarang

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 18 Mar 2021 13:54 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Pantau vaksinasi personelnya di Semarang, Kamis (18/3/2021).
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto Pantau vaksinasi personelnya di Semarang, Kamis (18/3/2021). (Foto: Achmad Syauqi/detikcom)
Semarang -

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan meninjau vaksinasi Corona para personelnya di Kota Semarang, Jawa Tengah hari ini. Vaksinasi para anggota dilakukan juga untuk persiapan jelang pengamanan Lebaran 2021.

Vaksinasi Corona ini dilakukan di hanggar Apache Lanumad Ahmad Yani Semarang, Kamis (18/3). Hadi dan Sigit didampingi Gubenur Jateng Ganjar Pranowo, Pangdam IV Dipenogoro, Mayjen TNI Rudianto, Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi, Kadiv Humas Mabes Polri dan Kadiv Propam Mabes Polri.

Tiba di hanggar Apache, para anggota TNI dan Polri yang berada di kursi tunggu meneriakkan yel-yel dan menyanyikan lagu dengan lirik bertema vaksinasi.

Hadi dan Sigit kemudian memantau meja verifikasi hingga tindakan vaksinasi Corona. Sesekali mereka berhenti dan berbincang membahas soal jalannya vaksinasi.

Panglima Hadi Tjahjanto mengatakan pihaknya mendukung jalannya vaksinasi termasuk dengan menyediakan lokasi dan tenaga medis.

"Untuk itu, TNI Polri menyiapkan tempat fasilitas kesehatan milik TNI Polri seperti ini hadir di Hanggar Apache Lanud Ahmad Yani. Selain itu menyiapkan vaksinator dari TNI Polri untuk vaksinasi anggota. Tempat dan fasilitas tersebut bisa digunakan oleh masyarakat. Nantinya apabila diperlukan dan tentunya hasil koordinasi dengan Pemda," kata Hadi dalam sambutannya usai meninjau vaksinasi Corona, Kamis (18/3/2021).

"Kemudian vaksinatornya berdasarkan koordinasi dengan Mabes TNI dan Polri dengan Kementerian Kesehatan diperbantukan kepada pemda provinsi dan kota untuk ditempatkan dan membantu puskesmas-puskesmas yang ditunjuk," imbuhnya.

Sementara itu Kapolri Sigit mengatakan setelah vaksinasi, anggotanya akan ditugaskan untuk mendukung PPKM mikro dan persiapan arus mudik Lebaran 2021.

"Kemudian setelah ini seluruh anggota TNI-Polri setelah vaksinasi segera kita tugaskan baik untuk memperkuat PPKM mikro dan arus mudik jelang Lebaran, karena Jateng merupakan salah satu wilayah yang dikunjungi pemudik. Oleh karena itu tentunya sebagian bentuk kesiapan menghadapi tugas anggota di masa mendatang," kata Sigit.

Anggota TNI dan Polri yang telah divaksin harus tetap patuhi prokes...