Round-Up

Soal Mobil hingga Blusukan, 5 Fakta dari Gibran Setelah Sah Jadi Walkot Solo

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 15:56 WIB
Walkot Solo Gibran Rakabuming Raka di Pasar Gede, Sabtu (27/2/2021).
Walkot Solo Gibran Rakabuming Raka di Pasar Gede, Sabtu (27/2/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Gibran Rakabuming Raka akhirnya sah menjadi Wali Kota Solo bersama wakilnya, Teguh Prakosa. Usai dilantik, Gibran langsung blusukan ke sejumlah pasar dan tempat lainnya.

Berikut lima fakta tentang Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka:

1. Dilantik secara virtual

Pasangan Gibran-Teguh mengikuti pelantikan dan sumpah jabatan secara virtual bersama sejumlah kepala daerah lain di Jawa Tengah. Mereka akan bertugas dengan masa jabatan 2021-2026, kecuali jika digelar Pilkada serentak 2024.

Putra sulung Presiden Joko Widodo itu hadir didampingi istrinya, Selvi Ananda yang saat itu juga ditetapkan sebagai Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK). Teguh juga didampingi istrinya, Serlly Yusnita.

2. Pidato perdana bicara kebut vaksinasi

Dalam pidato perdananya, Gibran memaparkan sejumlah program kerja prioritas. Dalam waktu dekat, pemkot akan menyelesaikan vaksinasi dan melakukan percepatan pemulihan ekonomi.

"Ekonomi akan kuat jika warganya sehat. Penerapan protokol kesehatan akan diperketat di tempat produktif. Kami optimis Solo bisa bangkit dari pandemi," katanya dalam pidato di Gedung DPRD Solo, Jumat (27/2).

Gibran juga berbicara tentang peningkatan ekonomi melalui kreativitas masyarakat. Selain itu, dia akan membuat big data sebagai acuan agar kinerja pemkot semakin transparan dan akuntabel.

3. Langsung blusukan

Usai pelantikan, Gibran Rakabuming Raka langsung blusukan ke sejumlah titik. Dia memulai blusukan ke Pasar Gede dan Pasar Klewer yang akan menjadi sasaran vaksinasi pedagang.

Dia juga meninjau sejumlah proyek, yakni Pasar Legi yang terbakar pada 2016, Palang Joglo yang kemungkinan dibuat elevated rail dan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Putri Cempo.

Blusukan pun berlanjut hari ini dengan meninjau vaksinasi Pasar Gede dan Pasar Klewer. Dia menegaskan akan mengebut vaksinasi untuk pedagang, lansia dan guru.

"Sabtu dan Minggu kita selesaikan Pasar Gede. Pasar Klewer kita laksanakan hari ini sampai Jumat karena pedagangnya lebih banyak," kata Gibran Rakabuming Raka di Pasar Gede, hari ini.

"Habis ini kita lanjut Pasar Depok dan Pasar Harjodaksino. Lansia sudah daftar online juga untuk divaksin. Solo kita kebut semua," imbuhnya.

Dua fakta lainnya ada di halaman selanjutnya....

Simak Video: Ditanya Soal Pilgub DKI, Gibran: PR di Solo Banyak Banget!

[Gambas:Video 20detik]



Selanjutnya
Halaman
1 2