Biasa Pakai Pajero, Gibran Kini Pilih Innova Putih untuk Mobil Dinas

Bayu Ardi Isnanto - detikNews
Sabtu, 27 Feb 2021 14:58 WIB
Mobil dinas Gibran Rakabuming Raka Innova putih, Solo, Sabtu (27/2/2021).
Mobil dinas Gibran Rakabuming Raka innova putih, Solo, Sabtu (27/2/2021). (Foto: Bayu Ardi Isnanto/detikcom)
Solo -

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, memilih mobil Toyota Innova warna putih sebagai mobil dinasnya. Begitu pula Wakil Wali Kota Solo, Teguh Prakosa juga menggunakan jenis mobil dan warna yang sama.

Selama ini, Gibran selalu terlihat menggunakan mobil Mitsubishi Pajero Sport warna putih. Tercatat dalam laporan harta kekayaannya, Gibran juga memiliki beberapa mobil, yakni dua Toyota Avanza, satu Isuzu Panther dan satu Daihatsu Grand Max.

Terlihat mobil tersebut sudah digunakan pada hari pelantikan mereka di Gedung DPRD Solo, Jumat (26/2/2021). Tampak mobil Gibran berpelat nomor AD 1 A dan Teguh AD 2 A berwarna merah.

Hari ini, Gibran-Teguh juga menggunakan mobil yang sama saat meninjau vaksinasi di Pasar Gede, Rumah Sakit Lapangan Benteng Vastenburg hingga Pasar Klewer. Gibran pun mengungkap alasannya memilih mobil itu.

"Lebih lincah. Blusukan ke mana-mana cepat," kata Gibran usai meninjau Rumkitlap Benteng Vastenburg Solo, Sabtu (27/2/2021).

"Seperti ke (Tempat Pembuangan Akhir) Putri Cempo kemarin lebih fleksibel," ujar dia.

Teguh menambahkan bahwa tidak ada alasan lain dalam pemilihan mobil dinas. Seperti Gibran, dia menilai Innova lebih cepat jika digunakan untuk blusukan.

"Solo ini kan kotanya kecil, lebih praktis. Artinya untuk kita lebih lincah. Hanya itu aja sebetulnya. Tidak ada pilihan lain," kata Teguh saat mendampingi Gibran.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Solo, Ahyani, mengatakan dirinya sudah menyiapkan tiga pilihan mobil dinas untuk Gibran. Yakni mobil Toyota Camry yang digunakan mantan Wali Kota Solo FX Hadi Rudyatmo, Innova hitam dan Innova putih.

"Kami tawarkan tiga mobil itu, beliau memilih Innova putih. Dulu mobil itu dipakai Bu Endang (istri FX Hadi Rudyatmo)," kata Ahyani saat dihubungi wartawan, Sabtu.

Dia juga sudah menyiapkan sopir untuk mengemudikan mobil dinas Gibran. Sopir tersebut sebelumnya adalah sopir Ahyani.

"Sopirnya Pak Murih Slamet, sebelumnya sopir saya. Pak Min yang dulu sopirnya Pak Rudy sekarang jadi sopir saya," ungkapnya.

Lihat Video: Ditanya Soal Pilgub DKI, Gibran: PR di Solo Banyak Banget!

[Gambas:Video 20detik]



(bai/sip)