Kronologi Kasus Ibu dan Anak Culik Bocah di Klaten

Achmad Syauqi - detikNews
Jumat, 26 Feb 2021 20:34 WIB
Polisi menangkap ibu-anak pelaku penculikan bocah berusia 9 tahun di Klaten. Keduanya nekat menculik karena kehilangan emas dan menuduh ibu korban pencurinya.
Polisi menangkap ibu-anak pelaku penculikan bocah berusia 9 tahun di Klaten, Jumat (26/2/2021). Foto: Achmad Syauqi/detikcom
Klaten -

Polres Klaten menangkap ibu dan anak, IR (52) dan RAR (25), warga Kecamatan Way Jepara, Kabupaten Lampung Timur, karena menculik bocah usia 9 tahun di Klaten. Para pelaku ditangkap di rumah kontrakannya di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (24/2).

Berikut kronologi penangkapan kedua tersangka dari penjelasan Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu:

Selasa (23/2) pukul 10.00 WIB

Korban bermain bersama temanya di tepi jalan Joton-Manisrenggo di dekat rumah MW. Saat korban bermain datang dua pelaku menggunakan mobil sedan warna putih dan saksi MW melihat IR dan RAR mengajak korban.

Selasa (23/2) pukul 12.00 WIB

Pukul 12.00 WIB korban belum pulang sehingga keluarga mencari ke rumah MW. MW menceritakan jika korban pergi bersama dua pelaku.

Selasa (23/2) pukul 18.00 WIB

Sampai pukul 18.00 WIB korban belum pulang dan keluarga menelepon RAR tapi dijawab tidak lagi bersama korban sehingga keluarga melapor polisi. Polisi datang ke TKP dilanjutkan menyelidiki ke Yogyakarta dan tim dikirim ke Bogor.

Rabu (24/2) pukul 21.00 WIB

Tim Satreskrim Polres Klaten dan Polres Bogor menangkap kedua pelaku di rumah kontrakannya dan dibawa ke Polres Klaten, Kamis (25/2) malam bersama korban. Barang bukti mobil sedan putih, pakaian, ponsel dan rekaman CCTV diamankan di Mapolres.

Jumat (26/2) pukul 13.00 WIB

Kedua pelaku masih diperiksa di Polres Klaten. Penyidik memberikan pendampingan konseling pada korban dengan mendatangkan psikiater.

Diberitakan sebelumnya, polisi menangkap dua pelaku penculikan bocah 9 tahun di Klaten yang viral di media sosial. Pelaku yakni IR (52) dan RAR (25) merupakan ibu dan anak warga Kecamatan Way Jepara, Lampung Timur.

"Pelaku adalah IR dan RAR. Pelaku ini merupakan ibu dan anak," kata Kapolres Klaten AKBP Edy Suranta Sitepu kepada wartawan di Mapolres Klaten, Jumat (26/2/2021).

(rih/mbr)